Lihat ke Halaman Asli

Agnes WidyaCahyani

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Bahasa Indonesia sebagai Media Pemersatu Bangsa

Diperbarui: 17 Desember 2023   06:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Komunikasi yang dilakukan manusia satu dengan lainnya memerlukan adanya sebuah bahasa. Bahasa merupakan alat manusia yang digunakan untuk berinteraksi dengan baik. Bahasa digunakan untuk mempermudah manusia dalam menyampaikan pikiran, gagasan, ataupun perasaan. Di Indonesia terdapat banyak sekali bahasa yang berbeda-beda sesuai dengan daerahnya. Sejak diadakannya sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928 maka bahasa Indonesia telah ditetapkan sebagai bahasa persatuan.

Berbagai ragam bahasa daerah yang ada ditiap wilayah yang ada di Indonesia disatukan dengan adanya bahasa Indonesia. Tanpa adanya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan kita tidak akan bisa saling memahami ketika bertemu orang yang berasal dari daerah lain dan adanya bahasa nasional ini kita dapat berhubungan dan berkomunikasi satu sama lain tanpa merisaukan perbedaan latar belakang sosial budaya dan bahasa satu sama lain. Bahasa Indonesia juga merupakan sebuah simbol penyatuan berbagai suku bangsa dengan latar belakang sosial budaya dan bahasa yang berbeda-beda di Indonesia.

Bahasa Indonesia memiliki berbagai fungsi yaitu bahasa Indonesia sebagai lambang kebanggaan dan lambang harga diri bangsa Indonesia. Kemudian bahasa Indonesia sebagai lambang jati diri yang menunjukkan ciri khas sekaligus membedakan negara Indonesia dari negara-negara lain di dunia. Fungsi selanjutnya yakni Bahasa Indonesia sebagai sarana pemersatu bangsa.

Dengan demikian bahasa menjadi sangat penting bagi manusia. Hal itu tidak saja dapat dibuktikan dengan menunjuk pemakaian bahasa dalam kehidupan sehari-hari tetapi dapat kita lihat pula bahasa Indonesia yang dijadikan alat komunikasi telah menyatukan berbagai suku yang mempunyai latar belakang budaya dan bahasa masing-masing, bahasa Indonesia justru dapat menyerasikan hidup sebagai bangsa yang bersatu tanpa meninggalkan identitas kesukuan dan kesetiaan kepada nilai-nilai sosial budaya serta latar belakang bahasa etnik yang bersangkutan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline