Lihat ke Halaman Asli

Annisa Gina

Mahasiswi Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Muhammadiyah Malang.

Kelompok 54 PMM UMM Memperkenalkan Private Citizen Diplomacy Kepada Siswa SMK Internasional Harapan Sejahtera

Diperbarui: 19 Februari 2022   22:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lombok Barat (17/02/2022), siswa SMK Internasional Harapan Sejahtera belajar mengenai pengetahuan umum tentang diplomasi dan private citizen diplomacy. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 54 Universitas Muhammadiyah Malang. Program ini bertujuan untuk  menambah wawasan para siswa akan hubungan internasional.

Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) skema Bhaktiku Negeri adalah kegiatan yang sedang dijalankan oleh Kelompok 54 dengan koordinator kelompok Annisa’ Gina Islami. Kegiatan ini berada di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapang Drs. Amir Syarifuddin,MP.

Aktivitas diplomasi merupakan kegiatan yang dapat dilakukan tanpa perlu mengenakan setelan jas seperti seorang diplomat. Karena tujuan diplomasi adalah untuk menciptakan perdamaian. Oleh sebab itu, warga negara biasa pun dapat melakukan diplomasi. Inilah yang disebut dengan Private Citizen Diplomacy.  

Perdamaian merupakan tanggung jawab seluruh warga negara. Melalui Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), sebagai seorang private citizen, siswa dan siswi SMK Internasional Harapan Sejahtera diperkenalkan mengenai apa itu diplomasi, khususnya private citizen diplomacy.

Melalui proses pembelajaran ini, siswa-siswi diperkenalkan pada peran individu sebagai pencipta perdamaian dunia. Siswa-siswi ditunjukkan bahwa kegiatan sehari-hari yang dilaksanakan juga merupakan suatu kontribusi dalam menjaga perdamaian. Terutama kegiatan yang berkenaan dengan sosial media dan komunikasi massa.  Kegiatan tersebut merupakan suatu perwujudan praktik bahwa tugas seorang citizen diplomat adalah menjalin hubungan dengan berbagai orang dari latar belakang yang berbeda dari seluruh dunia.  

Seorang private citizen dapat mewujudkan perdamaian yang menjadi tujuan dalam diplomasi. Hal ini juga relevan dengan siswa-siswi yang dipersiapkan untuk menjadi tenaga kerja magang perawat lansia di Jepang. Keterlibatan siswa-siswi dalam program yang melibatkan hubungan antar dua negara ini, menunjukkan bahwa siswa-siswi memiliki kontribusi yang lebih dalam menjaga perdamaian dan hubungan antar kedua negara.

Pembelajaran mengenai private citizen diplomacy dapat menambah kesadaran mereka akan pentingnya berperan aktif dalam upaya perwujudan perdamaian. Sehingga diharapkan melalui program PMM ini, siswa-siswi dapat memperoleh pengetahuan dasar yang nantinya dapat menjadi bekal untuk membangun relasi individu dari berbagai latar belakang dan nasionalisme.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline