Lihat ke Halaman Asli

Agil Septiyan Habib

TERVERIFIKASI

Esais; Founder Growthmedia, dapat Dikunjungi di agilseptiyanhabib.com

Jangan Terburu-buru Membangun Jaringan "Supply Chain", Jawab Dulu 9 Pertanyaan Ini

Diperbarui: 28 Oktober 2022   10:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Supply Chain harus dirancang secara cermat optimasi distribusi produk | Ilustrasi gambar: pixabay.com / PublicDomainPictures

Rasa-rasanya saya sudah menulis cukup banyak perihal supply chain yang tentunya diharapkan bisa menjadi sedikit referensi bagi Anda para pelaku bisnis. Namun, jangan berhenti sampai di sini untuk menggali lebih dalam lagi perihal aspek rantai pasokan karena sebenarnya masih sangat banyak pengetahuan penting tentang supply chain lain yang bisa dikaji.

Juga jangan sampai Anda terburu-buru mengeksekusi jaringan supply chain dalam penyelenggaraan bisnis Anda dengan segala pengetahuan yang dimiliki saat ini. 

Di samping masih harus menggali informasi penting lainnya, minimal Anda harus mencari tahu beberapa jawaban atas sembilan pertanyaan penting berikut :

1>> Di mana saja pasar yang akan menjadi target penjualan?

Sudah punya produk untuk dijual masih belum menuntaskan langkah. Anda juga perlu tahu ke mana produk tersebut akan diedarkan. Di mana pasar yang akan menjadi sasaran penjualan. Pusat kota? Daerah pinggiran? Pemukiman padat penduduk? Pusat perbelanjaan? Atau yang lainnya?

Mengetahui posisi pasar yang menjadi target penjualan sama artinya dengan menentukan titik tujuan yang harus dicapai selama periode waktu tertentu. Sekaligus untuk menentukan estimasi waktu pengiriman, estimasi biaya, dan titik paling strategis dalam meletakkan pusat distribusi produk.

2>> Berapa lama waktu pengiriman yang akan dijanjikan dan berapa besaran biayanya?

Merancang jaringan rantai pasok salah satunya dimulai dengan menghitung lama waktu pengiriman untuk menuju suatu lokasi penjualan. Hal ini kelak akan menjadi standarisasi waktu pemenuhan atau komitmen Anda dalam menjanjikan kesiapan suatu jenis produk hingga sampai di tujuan.

Jadi, bukan tanpa sebab ketika Anda menentukan perkiraan waktu kirim tanpa sebelumnya dilandasi oleh sesuatu yang logis. Dan tentu dalam hal ini untuk setiap tempat yang dituju akan memiliki durasi waktu yang berbeda satu dengan yang lain.

Di samping mengetahui estimasi waktu kirim, Anda juga bisa menghitung besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap kali pengiriman. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline