Lihat ke Halaman Asli

Agil Septiyan Habib

TERVERIFIKASI

Esais; Founder Planmaker99, dapat Dikunjungi di agilseptiyanhabib.com

Keagungan Masjid Al Akbar Surabaya yang Penuh Kesan

Diperbarui: 30 April 2020   12:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Masjid Al Akbar Surabaya | Sumber gambar : bratapos.com

Masjid adalah tempat paling teduh di dunia. Meneduhkan hati siapapun yang benar-benar ingin mencari ketenangan di dalamnya. Masjid adalah rumah Allah. Oleh karena itu disanalah tempat terbaik untuk mendekatkan diri kepada-Nya, mencari ketenangan hati, dan barangkali tempat untuk menggali inspirasi.

Terkait inspirasi sendiri, beberapa waktu lalu salah seorang peneliti asal Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Syarif Hidayat, mengkreasi sebuah ventilator portabel Vent-I yang diperuntukkan bagi korban COVID-19. Sebuah ventilator karya anak bangsa sendiri. Tahukah dimana inspirasi untuk membuat Vent-I itu lahir? Masjid. Lebih tepatnya Masjid Salman ITB. Masjid memang memberikan ketentraman bagi orang-orang yang "berkhalwat" dengan Sang Khaliq disana. Dan dengannya akan muncul sebuah harapan baru dalam menyikapi segala situasi.

Seperti pengalaman saya beberapa tahun lalu tatkala masih menjalani hidup di Kota Surabaya. Sedari menjalani perkuliahan hingga menunaikan pekerjaan mulai tahun 2008 sampai dengan tahun 2017. Kurang lebih 9 tahun lamanya berada disana sebagai seorang perantau. Getir manis kehidupan sudah menjadi hal yang biasa selama kurun waktu tersebut. Dan salah satu tempat yang paling membantu untuk menggugah kembali semangat dikala resah gelisah melanda adalah Masjid. Mengunjungi rumah Allah SWT "sekadar" untuk menunaikan sholat berjamaah atau membaca Al-Qur'an sudah menjadi pelipur hati yang mujarab.

Saat di Surabaya dulu, masjid yang menurut saya paling istimewa dikunjungi adalah Masjid Nasional Al Akbar Surabaya atau biasa dikenal sebagai Masjid Agung Surabaya. Meski sebenarnya setiap masjid memiliki nilai keutamaan yang tidak jauh berbeda, kecuali mungkin Masjidil Haram di Mekah, Masjidil Aqsa di Palestina, atau Masjid Nabawi di Madinah. Akan tetapi dibandingkan beberapa masjid lain di Surabaya, Masjid Agung Surabaya membawa kesan megah dan penuh kebanggaan. Sebenarnya ada juga Masjid Ampel yang tak kalah historis, namun berhubung saya pribadi belum sempat kesana maka saya merasa bahwa Masjid Agung menyimpan kesan tersendiri.

Momen Ramadan mungkin merupakan saat terbaik untuk berkunjung kesana. Mengikuti sholat tarawih berjamaah dipimpin oleh imam bersuara merdu. Di luar lingkungan masjid, berjejeran aneka macam kuliner yang menyuguhkan hidangan nikmat berbuka puasa dan bersantap sahur. Bagi yang isi kantongnya tipis jangan khawatir, takmir masjid membagikan nasi bungkus kepada ribuan jamaah yang hadir disana. Dan itu berlaku sebulan penuh.

Saat sepuluh hari terakhir Ramadan, kegiatan i'tikaf bersama adalah sebuah rutinitas tahunan. Dilanjutkan dengan sholat tahajud berjamaah, bersantap sahur, hingga menunaikan sholat subuh berjamaah. Benar-benar menghadirkan suasana Ramadan yang tak tertandingi.

Pada hari-hari biasa pun saya cukup sering kesana. Sepulang kerja mengunjungi Masjid Agung dan mengikuti sholat maghrib berjamaah, mendengarkan tausiyah ba'da maghrib, serta dilanjutkan sholat isyak berjamaah. Entah magnet apa gerangan yang membuat masjid ini terasa begitu menarik untuk dikunjungi.

Satu hal yang pasti, ada atmosfer berbeda kala mengunjungi masjid ini. Kalau rekan-rekan sekalian ingin mengetahuinya barangkali bisa langsung datang berkunjung kesana. Tunaikan ibadah seperti sholat berjamaah dan lain sebagainya.  Maka kita akan tahu seperti apa nikmatnya.

Salah satu momen yang paling berkesan adalah saat mengikuti sholat gerhana beberapa tahun lalu. Berangkat subuh dari rumah tapi sudah terkena macet parah di sekitar lingkungan masjid mengingat begitu banyaknya jamaah yang hadir. Sampai-sampai saya dan beberapa jamaah lain harus mengangkat motor ke atas trotoar demi melewati kemacetan. Sepeda motor diparkir di pinggiran lingkungan masjid karena area parkir dalam sudah penuh sesak. Luar biasa.

Sampai saat ini saya masih merasa bahwa Masjid Agung Surabaya merupakan masjid paling berkesan yang pernah saya kunjungi. Semoga diberikan kesempatan kembali untuk berkunjung kesana. Amin.

Sejarah Singkat Masjid Al Akbar Surabaya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline