Lihat ke Halaman Asli

Agil Akmal Ananda

Mahasiswa KKN Tematik UPI 2021

Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring dalam Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri 014 Cigondeawah

Diperbarui: 28 Juli 2021   19:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring dalam Masa Pandemi Covid 19 di SDN 014 Cigondewah Kota Bandung

Masa pandemic covid-19 adalah masa dimana semua keadaan tidak seperti biasa dilakukan oleh semua kalangan termasuk dunia pendidikan. Covid-19 adalah penyakit yang menyerang pernapasan manusia dengan gejalan pernapasan akut, seperti demam, batuk dan sesak napas. Penyakit ini dengan cepat menular pada manusia dengan tetesan air liur yang keluar dari orang yang mengidap penyakit ini. 

Oleh sebab itu, semua kegiatan harus dihentikan dan mengharuskan orang untuk menggunakan dan membiasakan menggunakan masker, selalu cuci tangan dan jaga jarak. Hal ini mengakibatkan pembelajaran pun tidak boleh dilakukan secara tatap muka melainkan harus dilakukan dari rumah.

Pembelajaran di masa pandemic covid-19 harus tetap dilaksanakan walau dengan berbagai cara   sehingga   siswa   dapat   tetap   belajar.   Menurut   Dabbagh dan   Ritland   menjelaskan, pembelajaran daring adalah system belajar yang terbuka dan tersebar dengan menggunakan perangkat  pedagogi  atau  alat  bantu pendidikan  yang  dimungkinkan  melalui  internet  dan teknologi berbasis jaringan untuk memfasilitasi pembentukan proses belajar dan pengetahuan melalui aksi dan interaksi yang memiliki makna.

Pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran secara daring merupakan salah satu pilihan kegiatan belajar mengajar di masa pandemi covid-19 sekarang ini. 

Media pembelajaran daring merupakan media yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna sehingga pengguna dapat mengendalikan dan mengakses apa yang menjadi kebutuhan pengguna, seperti mengunduh ataupun mengunggah materi. 

Dalam penggunaan media pembelajaran daring, pembelajaran bersifat mandiri dan memiliki   interaktifitas   tinggi   sehingga   dapat   meningkatkan   ingatan,   memberikan pengalaman belajar melalui teks, video dan animasi yang dibuat sehingga informasi yang akan disampaikan dapat lebih mudah dipahami dan dipelajari oleh siswa. 

Selain itu, siswa juga dapat mengumpulkan hasil belajar secara daring dengan mudah dan cepat dengan mengirim komentar di forum diskusi, chat, dan melakukan video conference.

Berbagai media pembelajaran daring yang dapat digunakan dalam pembelajaran, yaitu:

a.   Whats app

Whats app merupakan salah satu media komunikasi yang sangat popular saat ini. Whats app dapat dijadikan alternative dalam pembelajaran oleh guru yang ditujukan kepada orang tua siswa dan siswa itu sendiri. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline