Lihat ke Halaman Asli

KKN Tematik UPI 2023 Kelompok 12: Upaya Peningkatan Pemahaman Lingkungan Hidup di SDN Setiawarga Cimahi

Diperbarui: 7 Maret 2023   12:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah program yang diadakan oleh perguruan tinggi sebagai bagian dari kurikulum untuk memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang telah dipelajari di kampus dalam situasi nyata di masyarakat. Salah satu kampus yang menerapkan program KKN yaitu Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. KKN UPI pada tahun 2023 memiliki tema KKN Tematik SDGs Desa dan Proyek Kemanusiaan. KKN UPI 2023 Kelompok 12 melakukan program KKN di daerah RW 12 Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi.

Salah satu program kerja dari kelompok 12 KKN UPI 2023 yaitu program sosialisasi lingkungan hidup dan penggolongan jenis sampah yang dilakukan di SDN Setiawarga Cimahi. Para mahasiswa yang terdapat di kelompok 12 KKN UPI 2023 saling bekerja sama dalam mengerjakan sosialisasi tersebut. Beberapa mahasiswa yang tergabung di kelompok 12 KKN UPI 2023 nantinya terbagi dalam 5 grup yang nantinya setiap grup bertugas untuk mensosialisasikan lingkungan hidup di berbagai kelas dari kelas 1 hingga kelas 5.

Kegiatan sosialisasi lingkungan hidup di SDN Setiawarga Cimahi berlangsung selama 4 hari dari tanggal 7 Februari hingga 10 Februari 2023. Hari pertama dan kedua pelaksanaan mensosialisasikan hal-hal yang ada pada lingkungan hidup seperti, pengertian lingkungan hidup, jenis-jenis lingkungan hidup, contoh baik & buruk lingkungan hidup, serta jenis-jenis sampah dan cara pemanfaatannya. Sedangkan di hari ketiga dan keempat pelaksanaannya siswa dituntut untuk mengimplementasikan hasil dari sosialisasi yang telah didapatkan pada hari pertama dan kedua. Seperti yang dilakukan oleh kelas IIA dan IIB, mereka mengimplementasikan hasil sosialisasi yang didapat dengan cara menggambar lingkungan hidup yang sehat dan tidak sehat.

dokpri

dokpri

Kegiatan sosialisasi lingkungan hidup ini bertujuan agar siswa-siswi SDN Setiawarga Cimahi dapat memiliki kesadaran lingkungan hidup yang dipupuk dari usia dini. Selain itu kegiatan ini bertujuan sebagai pembentukan perilaku yan baik demi meningkatkan kualitas hidup serta mencegah dampak negatif dari lingkungan. Ditambah lagi kegiatan sosialisasi ini memiliki tujuan untuk proses pendidikan yang berkelanjutan.

Siswa dan siswi SDN Setiawarga menyambut kedatangan para mahasiswa KKN Tematik UPI 2023 kelompok 12 dengan baik. Begitu juga dengan kepala sekolah SDN Setiawarga Cimahi Siti Aminah, S.Pd., M.Si. mengatakan bahwa "Kedatangan mahasiswa KKN Tematik UPI 2023 kelompok 12 membawa dampak positif serta bermanfaat bagi siswa-siswi di SDN Setiawarga Cimahi karena beberapa mata pelajaran seperti PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) yang sebelumnya tidak ada di kurikulum 2013, kini dihadirkan kembali oleh adik-adik mahasiswa KKN UPI" ujarnya.

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline