Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Agil Siraj

Mahasiswa IAIN JEMBER

Dampak Covid -19 terhadap Pendidikan di Indonesia

Diperbarui: 4 April 2020   11:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Meningkatnya virus   Covid-19 di Indonesia  membuat  pemerintah pusat maupun daerah mengeluarkan berbagai imbauan, peraturan, dan kebijakan yg di berika kepada masyarakat seluruh Indonesia.

Sangat disesali  imbauan tersebut masih  diabaikan oleh sejumlah orang. Karena berdampak sangat fatal, virus ini  sangat mudah menyebar dan  menyerang kekebalan tubuh dengan cepat bahkah banyak meregut korban jiwa. bukan hanya  Indonesia  yang  melawan  virus  covid -19.  

olusi yang diberikan Tanggapan pemerintah terhadap covid -19 untuk meniadakan aktivitas pembelajaran di sekolah di ganti dengan sistem daring atau pembelajaran melalui online agar mencegah penularan covid -19. Bahkan ujian akhir sekolah yang sudah terjadwal akhirnya diputuskan untuk ditiadakan, demi menyelamatkan para siswa dari penyebaran civid-19.

Kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi kegiatan termasuk belajar, bekerja dari rumah masih saja menimbulkan gejolak dalam pelaksanannya. Salah satunya dalam proses pemberian tugas. Banyaknya tugas yg  diberikankepada siswa  yg meberatkan,

Sehingga Banyak orang tua yg komplen kepada guru untuk mengurangi tugas yg di berikan kepada muridnya,  dilain sisih guru memegang amanah mengajar mengikuti kurikulum yg di tetepkan oleh pemerintah dengan fasilitas seadanya banyak tugas yang tidak tersampaikan dengan baik hingga menimbulkan masalah tentang pemberian tugas.

Dengan diadakannya sistem daring seharusnya guru memberikan siswa aktifitas merangsang otak sehingga apabila kembali ke aktifitas semula siswa sudah siap untuk memulai kembali pembelajaran, serta memberikan penjelasan tentang virus covid -19 terlebih dahulu karena virus ini sangat berbahaya. Memulai dari memberikan pengertian kenapa harus belajar di rumah tentang cara pencegahan agar siswa mengerti bahaya covid-19 yang sedang merambah dunia. dengan  cara guru memberikan

Pengajaran tentang Covid-19 dapat mengurangi penyebaran virus  dan mengurangi dampak penularan virus Covid-19 di Indonesia.
Semoga dengan adanya pembelajaran sistem online pendidikan Indonesia dapat berlanjut siswa dapat belajar dengan tenang dirumah dan guru dapat memberikan materi pembelajaran dengan baik. Sehingga pemahaman tentang  virus Covid-19 di Indonesia cepat di pahami dan Maslaah Covid -19 dapat segera  selesaikan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline