Lihat ke Halaman Asli

Aghnia Uly Arini

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa UMM Lakukan Edukasi Mengenai Strategi Branding Untuk Mempertahankan Eksitensi Usaha di Masa Pandemi

Diperbarui: 7 Januari 2022   01:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

zoom part 1

Dengan masa pandemi membuat orang berputar arah memikirkan strategi yang pas dilakukan untuk setiap usaha yang dimiliki perorangan, sudah dilewati hampir dua tahun masa pandemi yang berbeda dan berat untuk kita semua. Tidak hanya berdampak pada kesehatan, adanya Covid-19 juga memberikan dampak yang cukup besar pada sektor usaha makro dan mikro. 

Banyaknya rintangan dan kesulitan yang harus dilalui, namun jika dilihat dari sisi lain rintangan yang dihadapi saat ini bisa saja menjadi peluang hingga pelajaran yang dapat melihat strategi baru untuk mempertahankan bisnis. Maka dari itu pelaku UMKM juga harus menyesuaikan perkembangan zaman dengan mengikuti trend.

Kebiasaan masyarakat pun sudah berubah di era pandemi, dari yang melakukan jual-beli secara langsung sekarang semua dapat dengan mudah dilakukan melalui online hanya bermodal kuota internet masyarakat dapat mudah mendapatkan akses dalam berbelanja apapun sesuai kebutuhan mereka, manfaat dari berbelanja online juga menghindari kerumunan dan lebih melindungi tubuh oleh virus Covid-19.

Hal tersebut sudah sering terjadi di kota-kota besar, namun apa yang dialami oleh sektor kecil di desa apakah mereka mengerti? Dengan memaksimalkan teknologi maka dari itu tujuan PMM kelompok 24 melakukan edukasi untuk warga Desa Gondang, di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. (12/18)

Kegiatan ini kami lakukan secara online melalui platform zoom dengan memberikan contoh yang mudah dimengerti oleh Generasi Y yang merupakan warga Desa Gondang, Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh empat mahasiswa UMM yang berfokus pada UMKM khususnya usaha mikro kecil dimana pelaku usaha tersebut masih perlu bimbingan atau dibina secara khusus. Disisi lain, pelaku usaha kecil juga paling banyak ada di sekitar Desa Gondang.

zoom part 2

"Dengan adanya kegiatan seperti ini saya yakin kami selaku mahasiswa dapat memberikan contoh dan edukasi yang tepat terhadap adanya perubahan untuk membantu para usaha mikro di Desa Gondang" Ujar Nadya salah satu anggota kelompok PMM.

Faktanya memang masih banyak pengusaha UMKM di sana tidak begitu paham mengenai kemajuan teknologi yang diberikan oleh E-commerce, maka tugas kami di sini selaku mahasiswa memberikan edukasi khusus untuk warga yang memiliki usaha dengan memberikan informasi mengenai strategi Branding, hingga contoh kemasan untuk menarik peminatan konsumen.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline