Lihat ke Halaman Asli

Aghitsa Fauzirra

Public Health, Universitas Diponegoro

Dashboard Pantau Tumbuh Kembang Balita

Diperbarui: 20 Desember 2022   16:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelaksanaan pelatihan pembuatan dashboard tumbuh kembang balita menggunakan Google Data Studio. Dokpri

Pertumbuhan adalah proses perubahan fisik seseorang meliputi berat badan, tinggi badan, dsb. Sementara, perkembangan adalah proses perubahan perilaku dan mental seseorang. Pertumbuhan dan perkembangan pada anak, khususnya balita perlu dipantau setiap bulannya. Salah satu caranya dengan pengisian buku Kartu Menuju Sehat (KMS). 

Namun, seringkali ibu balita lupa membawa buku KMS tersebut bahkan hilang. Maka dari itu, dibutuhkan suatu alat monitoring yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun misalnya dashboard. Dashboard merupakan alat yang digunakan untuk mengevaluasi proses yang sedang berjalan, memonitor kinerja yang sedang berjalan, serta untuk memprediksi kondisi di masa mendatang.

Pada hari Senin, 19 Desember 2022 telah dilakukan pelatihan pembuatan visualisasi data (dashboard) pemantauan tumbuh kembang balita stunting, gizi buruk, dan gizi kurang di wilayah kerja Puskesmas Srondol dengan platform Google Data Studio. Pada platform Google Data Studio, dashboard yang dibuat dapat diakses secara online oleh semua orang asalkan mendapat akses dari pemilik dashboard tersebut.

Dashboard yang dibuat pada pelatihan tersebut dapat digunakan untuk monitoring tumbuh kembang balita oleh petugas puskesmas dan kader kesehatan. Selain itu, dashboard tersebut apabila dihubungkan dengan email orang tua balita maka dapat digunakan sebagai monitoring mandiri (personal health record) tumbuh kembang balita tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline