Lihat ke Halaman Asli

Jenderal Achmad Yani Pahlawan Revolusi Indonesia

Diperbarui: 4 Juli 2024   19:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://id.wikipedia.org/wiki/Ahmad_Yani

Jenderal Achmad Yani

Pahlawan Revolusi Indonesia yang Tak Terlupakan

 

Jenderal Achmad Yani, figur sentral dalam sejarah modern Indonesia, menonjol sebagai salah satu pahlawan revolusi Indonesia yang tatapan dan tindakannya telah membentuk nasib bangsa. Dikenal atas keberanian dan dedikasi tanpa batas untuk negeri, perananya dalam Serangan Umum 1 Maret 1949 dan pengorbanannya selama Gerakan 30 September 1965 (G30S/PKI) telah mendorong semangat perjuangan kemerdekaan dan integritas nasional. Keterlibatan dalam perang kemerdekaan dan operasi militer tidak hanya membuktikan keahliannya di medan perang tapi juga kepemimpinannya yang visioner, menjadikan Jenderal Achmad Yani sosok yang dihormati sebagai salah satu dari 7 pahlawan revolusi Indonesia.

Kehidupan Pribadi dan Pendidikan

Jenderal Ahmad Yani lahir di Jenar, Purwodadi, Purworejo pada tanggal 19 Juni 1922, yang merupakan anak pertama dari pasangan M. Wongsorejo dan Murtini. Keluarga Jenderal bekerja di sebuah pabrik gula milik seorang Belanda, yang memberi pengaruh pada awal pendidikannya. Pendidikan formalnya dimulai di HIS Purworejo, namun hanya sampai kelas I sebelum ia pindah ke HIS Magelang, dan akhirnya menamatkan HIS di Bogor pada tahun 1935.

Masa Kecil dan Remaja

Sejak kecil, Jenderal Achmad Yani menunjukkan ketertarikan pada aktivitas militer, sering bermain perang-perangan dan menjadi pemimpin kelompok anak-anak di kampungnya. Ketenangan dan kepemimpinan yang ditunjukkan sejak dini membuatnya disegani dan dihormati oleh teman-temannya, bahkan sebelum ia memasuki pendidikan formal yang lebih serius.

Pendidikan Militer di KNIL

Setelah menamatkan pendidikan di MULO pada tahun 1938, Jenderal Achmad Yani memasuki dunia militer. Pada tahun 1940, meninggalkan sekolah menengah dan mendaftar sebagai aspiran di Dinas Topografi Militer Hindia Belanda di Malang, Jawa Timur. Namun, pendidikan militer ini terputus ketika Jepang menginvasi pada tahun 1942, yang kemudian mengubah jalan kariernya. Jenderal Achmad Yani sempat ditawan oleh pasukan Dai Nippon di Cimahi, tetapi tidak lama setelah itu, ia bergabung dengan PETA (Pembela Tanah Air) dan menjalani pelatihan militer lanjutan di Magelang. Prestasi yang dicapainya selama pendidikan militer di Bogor Jenderal Achmad Yani merupakan salah satu siswa terbaik yang membuatnya mendapatkan penghargaan berupa pedang samurai dari Kapten Yanagawa.

Perjalanan Karier Militer

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline