Lihat ke Halaman Asli

agathisdamara_

Pengangguran

Category Mistake: "Kelupaan" dalam Bahasa Indonesia

Diperbarui: 2 September 2023   18:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa Merupakan salah satu sarana kita dalam berkomunikasi dengan orang lain, melalui bahasa yang hadir dalam keseharian terutama Bahasa Indonesia tak jarang kesalahpahaman sering terjadi. Bahasa Indonesia yang mendapat predikat bahasa yang mudah dipelajari bukan berarti Bahasa Indonesia merupakan suatu bahasa yang sempurna karena terdapat beberapa kelupaan dalam bahasa tersebut dan kurangnya referensi dalam bertutur mengakibatkan kesalahpahaman.

Gilbert Ryle (1900-1976) merupakan salah satu profesor di Oxford yang dekat dengan tradisi filsafat analitik, salah satu pemikiran beliau yang menjadi dasar dalam penulisan ini adalah mengenai Category-mistake yaitu kekeliruan yang melukiskan fakta-fakta yang termasuk kategori satu dengan menggunakan ciri-ciri logis yang menandai kategori lain. Salah satu contohnya adalah perbedaan antara task verb dan achievement verb: kata kerja yang mengacu ke suatu tugas dan kata kerja yang mengacu ke sebuah hasil (prestasi). Beberapa bentuk kekeliruan dalam kata kerja adalah mencari-mendapatkan, mendengarkan-mendengar, menengok-melihat. Sebagai penjelasan, kata mendengarkan merupakan bentuk task verb sedangkan mendengar merupakan achievement verb.

Dalam Bahasa Indonesia sendiri terdapat banyak kategori kata kerja, namun dalam banyaknya kategori kata kerja tidak terdapat kata kerja prestasi tersebut (achievement verb). Maka melalui penjelasan diatas terdapat kata kerja yang luput dalam Bahasa Indonesia yaitu achievement verb. Bahasa sendiri memang terbatas dan perbedaan pandangan tak jarang mengakibatkan salah paham, namun bukan berarti dengan penambahan suatu kata kerja merupakan sia-sia karena bahasa yang semakin sempurna pasti turut meningkatkan kemungkinan komunikasi yang sempurna.

Sumber: 

Bertens, K., 1936-. (2014). Filsafat barat kontemporer : Inggris- Jerman / K.Bertens. Jakarta :: Gramedia Pustaka Utama,.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline