Lihat ke Halaman Asli

Agatha Atika

Copywriter

7 Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Obat

Diperbarui: 14 Juni 2023   15:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Freepik

Sakit kepala hilang tanpa pakai obat! 

Sakit kepala merupakan penyakit yang sering dialami oleh semua orang. Terdapat berbagai hal yang menyebabkan sakit kepala sering dirasakan. Misalnya, stress, kurang istirahat, pola makan, dan gaya hidup yang tidak sehat.

Penyebab Sakit Kepala yang Sering Dialami

  • Tegang dan stress

Ketegangan otot yang disebabkan oleh stres emosional atau fisik dapat menyebabkan sakit kepala tegang atau sakit kepala tension-type.

  • Kurang istirahat 

Saat tubuh terlalu lelah beraktivitas dan Anda memaksakan pekerjaan tanpa beristirahat, maka salah satu tanda kondisi tubuh tidak baik adalah sakit kepala.

  • Pola makan

Beberapa makanan dan minuman seperti makanan bermsg (monosodium glutamat), makanan berlemak tinggi, cokelat, kafein, dan minuman beralkohol dapat menjadi pemicu sakit kepala pada beberapa individu.

  • Kurang olahraga

Kurangnya olahraga akan menyebabkan kekakuan atau ketegangan otot leher dapat menyebabkan sakit kepala tegang atau sakit kepala tension-type.

  • Kondisi medis lainnya 

Beberapa kondisi medis seperti sinusitis, migrain, cluster headache, tekanan darah tinggi, gangguan neurologis, dan infeksi dapat menjadi penyebab sakit kepala.

Keadaan sakit kepala akan sangat menganggu aktivitas dan pekerjaan, sehingga kebanyakan orang akan melakukan pengobatan dengan obat apotik agar sakit kepala cepat hilang. Akan tetapi, jika Anda ingin menghindari terlalu sering mengkonsumsi obat, cara atasi sakit kepala di bawah ini patut Anda coba.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline