Lihat ke Halaman Asli

Agatha Atika

Copywriter

Tips Mengatasi Kulit Kering dan Mengelupas Pada Bayi

Diperbarui: 10 Mei 2023   15:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Freepik

Kulit kering dan mengelupas pada bayi menjadi problem banyak orang tua. Namun jangan panik, keadaan ini wajar karena kulit bayi masih sangat sensitif terhadap udara luar. Selain udara luar banyak hal yang menyebabkan kulit bayi mengalami kering dan mengelupas. Misalnya, system imun bayi yang belum sempurna, kondisi suhu udara yang dingin atau panas, penggunaan produk untuk kulit.

Penyebab Kulit Bayi Kering dan Mengelupas  

Sumber: Freepik

Kulit bayi yang kering dan mengelupas dapat terjadi karena kulit bayi kehilangan kelembabannya. Saat kelembaban kulit hilang, lapisan kulit paling atas akan retak dan terkelupas. Berikut adalah penyebab kulit bayi kering dan mengelupas.

  • Sistem imun bayi yang belum sempurna

Setelah lahir bayi mengalami berbagai perubahan yakni perubahan kondisi kulit yang lebih peka terhadap berbagai faktor sementara sistem kekebalan tubuh bayi belum terbentuk secara sempurna. Di sisi lain usia 0-6 bulan bayi rawan mengalami masalah kulit misalnya, baby acne, eksim, ruam-ruam, dan kulit kering.  

  • Kondisi suhu udara yang dingin atau panas

Kondisi suhu udara yang terlalu dingin ataupun panas tidaklah baik untuk kulit bayi yang masih sangat peka dan sensitif. Maka dari itu perlu adanya perhatian khusus dari orang tua untuk tidak membawa keluar saat cuaca terlalu terik maupun dingin.

  • Penggunaan produk untuk kulit

Penggunaan produk kulit memang dianjurkan untuk perawatan kulit bayi. Namun,Anda harus memilih produk yang tidak mengandung bahan kimia untuk meminimalisir permasalahan kulit pada bayi.

Cara Mengatasi Kulit Bayi yang Kering dan Mengelupas

Sumber: Freepik

  • Menggunakan produk bayi tanpa kandungan kimia

Kulit kering dan mengelupas dapat disebabkan karena pemakaian produk bayi yang mengandung bahan kimia, seperti parum ataupun kandungan bahan lain yang membuat bayi alergi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline