Lihat ke Halaman Asli

Nyoman Agastyani Sri Hartami

Seorang lulusan S1 Ilmu Komunikasi

Mahasiswa "Kura-kura" dan Kisahnya

Diperbarui: 7 Juli 2021   12:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Banyak orang menganggap kehidupan bersosial itu dan menggali ilmu itu bukan hanya dapat diambil dari pendidikan. Namun, banyak orang beranggapan bergabung dengan suatu organisasi adalah pengembangan suatu ilmu yang nyata.

Ketika sebagaian orang akan kesekolah hanya dengan tujuan menuntut ilmu dan memiliki banyak teman, beda halnya dengan orang-orang yang lebih tertarik untuk kesekolah bukan hanya karena ingin menambah ilmu tetaapi untuk tahu dan bergabung dengan organisasi yang ada.

Bahkan banyak orang mengatakan dimasa perkulihan lah masa dimana baiknya kita mulai mencoba mengikuti segala organisasi yang ada karena didalam kampus. Karena mahasiwa yang aktif dalam organisasi sering dikatakan sebagai incaran.

Dalam hal ini yang seringkali menyebabkan banyaknya beranggapan bahwa kehidupan dengan bergabung sebuah organisasi adalah suatu incaran karen :

Membuat lebih banyak pengalaman
Memiliki banyak teman dan relasi
Lebih percaya diri dan melatih cara berkomunikasi
Sarana dalam mengmbangkan kegemaran

Menurut beberapa mahasiwa yang aktif dalam keorganisasian kampus pun sering mengatakan bahwa ia mengikuti kegiatan organisasi itu sangat seru dan membutuhkan keyakinan dalam mengkontrol waktunya.

"Memang mengikuti kegiatan organisasi sangat menyenangkan, selain datang ke kampus untuk menuntut ilmu saya juga bisa langsung merealisasikan materi diruang kuliah dalam kegiatan organisasi" unjar Riska anak Ilmu Komunikasi Semester II dan merupakan salah satu anggota HMJ Dharma Duta.

Kehidupan keorganisasian sebenernya tak hanya berkecimpung dalam kegiatan yang melibatkan kesenangan semata saja. Namun, dibalik suatu kesuksesan organisasi pastinya terdapat berbagaimacam resiko dan permasalahan yang muncul didalamnya. Sepertihalnya sekumpulan orang dengan latar belakang yang berbeda serta kepentingan tersendiri yang berkumpul dalam satu nama organisasi dengan tujuan yang sama.

Akan tetapi terdapat berbagai tanggapan tersendiri yang menyatakan hal tersebut wajar terjadi dan bahkan dapat memicu kerjasama serta kekompakan dari rasa kekeluargaan yang dimunculkan dalam organisasi tersebut. bahkan seringkali terdapat pernyataan terkait manusia merupakan mahluksosial yang tentunya selalu membutuhkan bantuan satu dengan yang lain. 

Inilah yang seringkali akan muncul dalam kehidupan organisasi menurut Putu Indah dlam artikelnya "Indahnya Kebersamaan, Solidaritas, Kekeluargaan"

Bukan hanya itu untuk mahasiwa/i aktif organisasi pun sering memiliki julukan tersendiri yaitu mahasiswa kura-kura dimana artinya mahasiswa yang suka kuliah dan rapat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline