Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UM Kenalkan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi di SD Negeri Purworejo

Diperbarui: 1 Agustus 2023   23:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Pribadi

Salah satu program kerja Utama dari KKN UM di Desa Purworejo yaitu mengenalkan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan mengenai pembelajaran menggunakan aplikasi android kepada siswa dan membuat suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. 

Kegiatan ini dilakukan di seluruh Sekolah Dasar di Desa purworejo, yaitu SDN 1 Purworejo, SDN 2 Purworejo, dan SDN 3 Purworejo. Dengan sasaran seluruh siswa kelas 6, dengan pelaksanaan membagi siswa menjadi beberapa kelompok.

Sumber: Pribadi

Media pembelajaran berbasis aplikasi ini pembuatannya menggunakan aplikasi Smart App. Untuk materi yang diambil yaitu pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Sub Tema "Selamatkan Makhluk Hidup". Di dalam aplikasi tersebut terdapat peta konsep dari materi, penjelasan terkait materi, video yang menjelaskan materi, dan juga kuis yang berkaitan dengan materi. Sehingga dapat mengetahui seberapa paham siswa dengan materi yang telah dipelajari pada aplikasi tersebut. 

Dari pembelajaran berbasis aplikasi yang telah diterapkan, dapat terlihat suasana pembelajaran di kelas lebih interaktif dan juga menyenangkan. Serta dapat mempermudah bagi para siswa untuk memahami materi yang disampaikan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai kuis yang telah dilakukan.

Sumber: Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline