Lihat ke Halaman Asli

Tim II KKN UNDIP 2021/2022: Ajarkan Postur Duduk Ergonomis untuk Mendukung Produktivitas Belajar Siswa di SDN Kedungmundu

Diperbarui: 10 Agustus 2022   12:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Semarang (10/08/2022) - Kembalinya para siswa ke pembelajaran secara offline membuat mereka harus duduk di kursi kelas dalam waktu yang relatif lama. Penerapan postur duduk yang ergonomis perlu dilakukan agar para siswa dapat belajar dengan nyaman tanpa adanya keluhan yang berarti. Keluhan-keluhan tersebut yakni seperti sakit punggung, pegal, atau kelelahan anggota tubuh lain ketika sedang duduk. 

Dalam bahasan kali ini, ergonomis berarti dapat menyelaraskan anggota tubuh dengan fasilitas kursi  yang digunakan sehingga timbul rasa nyaman. Apabila siswa sudah merasa duduk dengan nyaman maka hal tersebut dapat mendukung produktivitas dalam belajar.  Oleh sebab itulah, perlu diberikan pemahaman lebih mengenai bagaimana menerapkan postur duduk yang ergonomis kepada para siswa. 

Berdasarkan latar belakang tersebut, salah satu mahasiswa KKN UNDIP bernama Aga Tertia Putra Hendratno dari jurusan S1 Teknik Industri merancang program kerja monodisiplin terkait pelatihan postur duduk ergonomis saat melakukan kegiatan belajar di ruang kelas. Tujuan dari program tersebut adalah agar siswa dapat menerapkan postur duduk yang ergonomis sehingga akan nyaman ketika duduk di kelas serta terhindar dari keluhan-keluhan muskuloskeletal akibat postur duduk yang salah.

Pelatihan postur duduk ergonomis dilaksanakan di SDN Kedungmundu pada minggu ketiga kegiatan KKN, yakni tepatnya pada hari Kamis, 21 Juli 2022. Adapun, Program ini diikuti oleh siswa kelas 4 SDN Kedungmundu yang dianggap tepat sasaran untuk diberikan pelatihan berdasarkan kemampuan untuk menangkap materi.

Pelatihan diawali dengan pemaparan materi mengenai postur duduk yang ergonomis menggunakan bantuan media x banner. Pemaparan materi juga disertai dengan praktik secara langsung menggunakan kursi yang digunakan oleh siswa di kelas. Siswa diperbolehkan untuk bertanya/menanggapi apabila terdapat pertanyaan atau penyampaian materi yang kurang jelas. Setelah itu, untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terkait materi yang disampaikan, salah seorang siswa diberikan tantangan untuk dapat merangkum materi sambil mempraktikan bagaimana postur duduk yang ergonomis. Antusiasme siswa selama keberjalanan program dapat terbilang cukup baik dan tidak ada kendala yang berarti selama pelatihan.

620594-62f33d1708a8b5408d15c8fe.jpg

Sebagai salah satu bentuk keberlanjutan program sekaligus ucapan terima kasih, mahasiswa memberikan x banner yang digunakan sebagai media penyampaian materi tadi kepada pihak sekolah untuk dipajang agar siswa senantiasa teringat untuk menerapkan postur duduk yang ergonomis saat melihat x banner tersebut.

620593-62f33d273555e47615315344.jpg

Penulis : Aga Tertia Putra Hendratno

Dosen Pembimbing Lapangan : Imam Setyawan, S.Psi., M.A.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline