Oleh: Syamsul Yakin dan Afzalu Rohman
Dosen Retorika dan Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Ruang Lingkup Retorika
Oleh: Syamsul Yakin
Dosen Retorika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Ruang lingkup adalah batasan atau cakupan. Ruang lingkup retorika adalah batasan subjek yang dicakup retorika seperti definisi, materi, unsur, tujuan, komponen dan hubungannya dengan ilmu lain. Ruang lingkup retorika juga mencakap pembicara, pesan, dan pendengar.
Ruang lingkup retorika adalah semua arus komunikasi yang terjadi antara pembicara dan pendengar secara tatap muka atau tatap maya, baik verbal yang melingkupi lisan dan tulisan maupun nonverbal yang meliputi bahasa tubuh dan gerakan tubuh.
Retorika dapat didefinisikan secara sempit dan luas. Retorika hanya berarti seni berbicara atau kecakapan berbicara. Secara luas retorika seni, keterampilan, pengetahuan, dan ilmu berkomunikasi secara lisan dan tulisan serta bahasa dan gerakan tubuh.
Dalam pengertian sempit, retorika berkelindan dengan tata bahasa, logika, dan dialektika dari pembicara kepada mendengar. Dalam pengertian luas, retorika bukan hanya pidato atau ceramah, namun mencakup semua masalah arus komunikasi yang terus berkembang. Dalam konteks ini, retorika dikatakan sebagai warisan budaya.
Sifat ilmiah retorika itu adalah empirik, sistematik, analitik, objektif, verifikatif, kritis dan logis. Tujuan utama retorika yang mencakup memengaruhi sikap, opini, dan perbuatan pendenagar secara efektif dan efisien dapat ditempuh dengan menggunakan sifat ilmiah retorika tersebut.
Secara filosofis, retorika mencakup pertanyaan, pertama, ontologis, yakni apa itu hakikat retorika. Kedua, mencakup pertanyaan epistemologis, yakni bagaimana cara seseorang memperoleh pengetahuan terkait retorika. Ketiga, aksiologis, apa manfaat retorika.
Pada awalnya, unsur-unsur retorika ada tiga, yakni.pembicara, pendengar dan pesan yang bersifat informatif, persuasif, dan rekreatif yang biasa materi atau isi pidato. Namun belakangan, media merupakan unsur penting retorika, baik media tradisional, konvensional maupun media sosial.