Lihat ke Halaman Asli

AF Yanda

TERVERIFIKASI

Mengenal Lebih Jauh Musisi Indie Ternama Tanah Air

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14258277361533314500

[caption id="attachment_401533" align="aligncenter" width="600" caption="Gambar: www.compusiciannews.com"][/caption]

Gambar: www.compusiciannews.com

Musik adalah salah satu hiburan yang paling digemari sebagian besar masyarakat dunia, dari anak–anak, remaja, hingga orang tua. Karya-karya indah yang diciptakan dan dibawakan oleh para musisi hebat dunia saat ini membuat nama mereka menjadi tenar dan digemari banyak masyarakat dunia.

Bahkan tak jarang para musisi ini dianggap sebagai legenda musik dunia, karena karya-karya yang dibawakan dan diciptakannya mampu melekat dihati para penikmat musik di dunia dari lintas generasi. Sebagai contoh, sebut saja grup band legendaris asal Inggris “The Beatles”, grup band yang dibentuk pada tahun 1960 an ini nyatanya karya-karyanya masih digemari, dinikmati dan dicintai oleh para penggemarnya diseluruh dunia hingga saat ini, meskipun grup band ini sendiri sudah tak eksis lagi di belantika musik dunia.

Di era modern saat ini musik kian hari kian berkembang pesat, banyaknya aliran-aliran musik baru yang diciptakan dan disuguhkan para musisi adalah satu dari sekian banyak contoh nyata bahwa perkembangan musik kian hari kian pesat perkembangannya. Selain jenis atau aliran musik baru, saat inipun banyak sekali bermunculan musisi-musisi baru yang mencoba untuk eksis dan meramaikan belantika musik dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Saat ini di Indonesia banyak sekali bermunculan musisi-musisi baru yang hadir meramaikan belantika musik tanah air dengan membawakan karya-karya atau tembang ciptaan mereka dengan aliran yang beraneka ragam baik aliran R&B, Pop, Rock dan lain sebagainya.

Seiring berjalanya waktu kehadiran para musisi baru ini atau yang akrab disebut sebagai musisi Indie ini mampu menyingkirkan dominasi para musisi senior atau musisi major label di belantika musik Indonesia. Meskipun para musisi ini berada dijalur indie dan tidak berada dibawah naungan label-label musik top Indonesia, namun karya-karya istimewa yang mereka bawakan membuat nama mereka melambung dan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Tak hanya sampai disitu sebagian karya-karya istimewa yang mereka bawakan tersebut pun tak jarang didapuk atau dipilih untuk menjadi soundtrack dalam sebuah film, sinetron, ataupun promo iklan-iklan di stasiun stasiunTV nasional. Bahkan karya dari para musisi indie inipun banyak juga yang menembus pasar internasional dan dinikmati oleh masyarakat luas atau dalam istilah modern nya “Go Internasional”.

Berikut ini beberapa musisi indie ternama tanah air yang berkat karya-karya nya berhasil membuat nama mereka dikenal luas baik di Indonesia hingga mancanegara:

The S.I.G.I.T (The Super Insurgent Group of Intemperance Talent)


(The Sigit membawakan lagu Soul Sister di Parkside, San Francisco)

Band asal Bandung yang beraliran Rock’n Roll ini adalah satu dari sekian banyak musisi indie tanah air yang karyanya tembus hingga ke pasar mancanegara. Bukan hanya tampil seliweran di banyak Negara, mereka juga pernah menggelar konser di negara-negara besar seperti Australia dan Amerika.

Band yang terbentuk pada tahun 1997 ini memang sudah klop memilih jalur indie sebagai jalur musik mereka, entah apa alasan sesungguhnya mereka memilih jalur musik ini, namun yang pasti nama The Sigit mampu bersaing dan layak disejajarkan dengan band-band major label tanah air dengan aliran yang serupa.

Karya-karya hits yang dibawakan dan diciptakan mereka akhirnya membuat mereka bisa go Internasional, suatu prestasi yang bahkan sebagian band major label ternama di tanah air pun belum pernah merasakannya. salah satu prestasi membanggakan mereka lainnya ialah tatkala lagu-lagu yang mereka bawakan atau ciptakan terpilih menjadi soundtrack beberapa film top di Indonesia, salah satunya film Catatan Akhir Sekolah (2005) dan film Radit dan Jani (2008) yang kedua film tersebut dibintangi oleh aktor top Indonesia Vino G Bastian.

Endah N Resha


(Endah N Resha saat menyanyikan lagu When You Love Someone)

Endah N Resha merupakan band yang beranggotakan pasangan suami istri Endah Widiastuti (Guitar/Vocal) dan Resha Aditya (Bass). Duo musisi ini merupakan musisi yang mengambil aliran musik ballads (balada) sebagai identitas musik mereka. Terbentuk tahun 2004 silam, Endah N Resha hingga saat ini telah mengeluarkan tiga album diantaranya Nowhere To Go pada tahun 2009, Look What We've Found di tahun 2010, dan Escape di tahun 2013.

Endah N Resha merupakan musisi top ternama tanah air yang memiliki segudang prestasi, salah satunya dengan berhasil menggondol sejumlah penghargaan di bidang musik baik di dalam maupun diluar negeri diantaranya pemenang JunkSound Awards kategori Best Acoustic Act (South East Asia) tahun 2009, Anugerah Musik Indonesia kategori Produksi Album Alternatif Terbaik "Nowhere To Go" di tahun 2010, 20 Album Terbaik versi Majalah Rolling Stone untuk Album "Look What We've Found" ditahun 2010, dan masih banyak lagi.

Sama seperti grup band The Sigit, lagu-lagu Endah N Resha pun beberapa diantaranya pernah dijadikan soundtrack untuk beberapa film top tanah air salah satunya film Cinta Dalam Kardus yang dibintangi oleh aktor berbakat, penulis sekaligus stand up comedian tanah air Raditya Dika pada tahun 2013 lalu. Endah N resha juga pernah dipercaya sebagai penata musik di film Cita-Citaku Setinggi Tanah karya Eugene Panji pada tahun 2012.

White Shoes and The Couples Company



(Live Perfromance WSATCC saat menyanyikan lagu Senandung Maaf)

Musisi indie tanah air terakhir yang akan dibahas ialah White Shoes and The Couples Company atau yang sering disingkat WSATCC. Band ini pernah dibahas diartikel sebelumnya disini. Band indie asal Jakarta ini ialah satu dari segelintir musisi indie yang mampu tampil Go Internasional. Tampil wara-wiri disejumlah Negara seperti Amerika, Hongkong, dan Singapura adalah bukti bahwa Band yang selalu mengusung gaya retro disetiap aksi panggungnya ini ialah band yang tidak bisa dianggap sebelah mata oleh para penikmat musik tanah air.

Mengusung musik beraliran pop, punk dan jazz, karya-karya WSATCC mampu menyihir para penikmat musik khususnya di Indonesia. Aksi-aksi panggung mereka selalu ditunggu dan dinanti para pecinta musik tanah air. Karena musik serta penampilan mereka yang selalu mengusung gaya retro, lagu-lagu merekapun tidak hanya digemari oleh para remaja dan anak muda tanah air namun juga para orang dewasa yang seakan bernostalgia dengan alunan musik era 70 hingga 80-an yang dibawakan oleh WSATCC.

Beragam prestasi pernah diraih oleh Band yang terbentuk pada tahun 2002 silam ini. Lagu-lagu WSATCC juga pernah terpilih untuk mengisi soundtrack beberapa film di Indonesia diantaranya di film “Janji Joni” (2005) yang dibintangi oleh aktor ternama Indonesia yaitu Nicholas Saputra, dan film “Berbagi Suami” pada tahun 2006.

Sebenarnya masih banyak musisi-musisi ternama tanah air yang berprestasi yang tidak dapat satu persatu dibahas diartikel ini, masih ada nama-nama musisi seperti Sore, The Trees and The Wild, Efek Rumah Kaca, Gugun and The Blues Shelter, Mocca, Burgerkill dan masih banyak lagi. Yang pasti kehadiran para musisi indie tanah air ini akan semakin menambah warna-warni musik Indonesia yang saat ini kian hari kian tersisihkan dengan keberadaan musisi barat yang memang secara kualitas masih sedikit diatas para musisi tanah air Indonesia baik dari segi musikalitas maupun penampilannya.

Namun dengan kemampuan para musisi tanah air baik indie maupun major label yang menembus pasar mancanegara atau Go Internasonal saat ini, bukan tidak mungkin suatu saat nanti musisi musisi tanah air ini dapat bersaing atau disejajarkan dengan para musisi top dunia saat ini.

Perlu peran besar baik pemerintah, label rekaman, produser papan atas negeri ini, serta para penggemar musik Indonesia untuk senantiasa membantu serta mempromosikan musik-musik karya anak negeri ini agar dapat diketahui dan dikenal oleh masyarakat luas khususnya masyarakat mancanegara, yang bukan tidak mungkin nantinya karya-karya mereka dapat bersaing dengan karya-karya para musisi top dunia yang secara tidak langsung akan membawa nama Indonesia sebagai salah satu kiblat musik dunia suatu hari nanti.

Semoga,,,

Sumber:

The S.I.G.I.T

Endah N Resha

White Shoes and Couples Company

Baca juga:

Karya-karya musisi ini mengubah perspektif saya terhadap musik Indonesia

Video: Youtube.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline