Lihat ke Halaman Asli

AF Yanda

TERVERIFIKASI

Tim Ini Pindah Kandang, Ubah Nama, dan Rekrut Coach Indra Sjafri

Diperbarui: 17 Juni 2015   15:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Bulan Desember ini adalah bulan dimana para kontestan kompetisi ISL musim 2015-2016 sedang benar-benar sibuk mempersiapkan tim untuk menghadapi kompetisi ISL musim depan yang rencana nya akan bergulir pada awal bulan Februari 2015, termasuk salah satu kontestan ISL asal kota Samarinda yaitu Putra Samarinda atau yang sering disebut dengan Persisam Samarinda. Ketika tim-tim lain tengah disibukan dengan aktivitas transfer baik berburu pemain maupun pelatih anyar, tim ini justru tengah sibuk mempersiapkan kepindahan mereka ke home base mereka yang baru di Gianyar, Bali.

Bebeberapa waktu yang lalu manajemen tim Putra Samarinda mengkonfirmasi bahwa untuk musim mendatang mereka akan pindah kandang dari Samarinda ke Bali, dan akan mengubah nama tim mereka menjadi Bali United Pusam. Kepindahan mereka ini sebenarnya sedikit disesalkan oleh para supporter mereka yang telah lama setia mendukung perjuangan tim ini dalam mengarungi kompetisi ISL beberapa musim belakangan ini. Manajemen Pusam yang diwakili oleh Presiden Direktur Pusam yaitu Harbiansyah Hanafiah mengatakan bahwa kepindahan mereka merupakan salah satuupaya untuk membuat Pusam tetap hidup agar jangan sampai Pusam tenggelam di sungai Mahakam dan berharap agar tim ini dapat meraih sukses di tempat orang. Lebih lanjut Harbianysah mengatakan bahwa hidup di sepak bola, sangat tergantung dengan penonton, dan ia berharap dengan kehadiran Pusam di Bali dapat menarik minat masyarakat lokal dan asing di Bali. Terlebih lagi Bali saat ini tidak memiliki klub profesional.

Pernyataan Harbiansyah ini mensiratkan bahwa pindahnya mereka dari Samarinda ke Bali tidak lepas dari hadirnya salah satu kontestan divisi utama yang promsi ke kompetisi ISL musim depan yaitu Pusamania Borneo, yang saat ini sedang gencar mempersipakan tim dengan dana melimpah, yang dapat dilihat dari aktif nya mereka di bursa transfer musim ini dengan mendatangkan sederet pemain top macam Hamka Hamzah dan pelatih top Indonesia yaitu Arcan Iurie. Masuk nya tim Pusamania Borneo ke kompetisi ISL ini yang mungkin menjadi alasan manajemen Pusam Samarinda untuk berpindah home base, karena takut para supporter atau penonton setia tim Pusam akan berpaling mendukung tim rival se-kota nya tersebut.

Manajemen tim sendiri telah mengirimkan surat perihal kepindahan serta perubahan nama mereka ke PSSI, dan PSSI sendiri melalui sekjen nya yang juga menjabat sebagai CEO PT.LI yaitu Joko Driyono mengatakan akan melakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum memutuskan boleh atau tidaknya tim ini untuk pindah kandang dan mengganti namanya menjadi Bali United Pusam.

Tim ini akan berhome base di Stadion Dipta, Gianyar, Bali dan akan di sponsori oleh PT Multistrada Arah Sarana Tbk (PT MASA), selaku produsen ban motor dengan merk Corsa selama tiga tahun. Selain itu tim ini juga dikabarkan telah mencapai kata sepakat dengan coach Indra Sjafri yang pernah membawa timnas U-19 menjuarai piala AFF untuk membeut tim berjuluk Pesut Mahakam tersebut. Indra Sjafri disebut-sebut mendapatkan kontrak panjang berdurasi lima tahun dan diberikan kebebasan untuk membentuk tim dan menentukan skuad yang akan berlaga dikompetisi ISL musim mendatang.

Coach Indra Sjafri sendiri pasca diberhentikan sebagai pelatih timnas U-19 disebut-sebut didekati oleh beberapa klub ISL diantaranya seperti Persipura Jayapura dan Persela Lamongan,bahkan beberapa waktu yang lalu beredar foto coach Indra Sjafri sedang melakukan pertemuan bersama dengan beberapa pengurus tim Persela Lamongan, yang alhasil menjadi bahan perbincangan hangat dikalangan insan sepak bola akan spekulasi kemungkinan dirinya membesut tim asal Lamongan tersebut. Namun kabar itupun langsung di tepis oleh sang pelatih dan menyebutkan bahwa, pertemuan itu hanya pertemuan biasa dan perihal kemungkinan ia akan membesut tim Persela hanyalah gosip belaka.

Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya perihal kabar tersebut, apakah benar Indra Sjafri akan membesut tim Bali United Pusam ini nantinya, karena belum ada konfirmasi langsung dari pihak yang bersangkutan perihal kepastian dirinya melatih klub tersebut. Indra Sjafri sendiri saat ini tengah berada di Bojonegoro untuk menghadiri acara Coaching Clinic Grassroots yang diadakan oleh Pertamina dari tanggal 17 hingga 19 Desember 2014 nanti.

Rujukan:

http://www.bola.net/indonesia/harbiansyah-pindah-ke-bali-agar-pusam-tidak-tenggelam-di-sungai-mahakam-f74765.html

http://www.bola.net/indonesia/sponsor-pusam-kontrak-indra-sjafri-lima-musim-9dd784.html

http://www.bola.net/indonesia/berubah-nama-bali-united-pusam-dimiliki-gabungan-c80f56.html




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline