Lihat ke Halaman Asli

Afwa Pahlevi

Mahasiswa/23107030115/UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Plunyon Kalikuning: Terpana akan Keindahan Alam yang Menyejukkan Jiwa

Diperbarui: 9 Juni 2024   17:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Mengunjungi wisata alam memang tiada habisnya. Jika anda merasa pusing atas rutinitas mulai dari pekerjaan, kuliah, atau sekolah, merefresh otak dengan keindahan alam merupakan pilihan yang sangat tepat. Mengunjungi wisata alam dapat menyegarkan pikiran sejenak sebelum kembali menghadapi rutinitas yang menanti.

Destinasi wisata alam kali ini berasal dari Yogyakarta, tepatnya dibawah kaki Gunung Merapi dan masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Destinasi ini bernama Plunyon Kalikuning, terletak di Kedungsriti, RT.01/RW.06, Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Plunyon Kalikuning juga dekat dengan destinasi wisata sekitar kaki Gunung Merapi, seperti Merapi Lava Tour, Petilasan Mbah Marijan, dan Bunker Kaliadem.

Meskipun lokasinya berada sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, destinasi ini menjadi salah satu dari sekian destinasi wisata alam yang menawarkan ketenangan bagi para pengunjungnya. Hal ini menjadikan Plunyon Kalikuning ini menjadi tempat wisata primadona bagi para pencari ketenangan di wilayah Jogja dan sekitarnya.

Akomodasi untuk mengunjungi destinasi ini pun terbilang mudah dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil. Jika perjalanan di mulai dari Tugu Jogja, maka Anda hanya harus ke utara melalui Jalan Kaliurang hingga sampai ke Plunyon Kalikuning.

Dokumen Pribadi

 Usahakan jika Anda hendak mengunjungi destinasi ini hindari tanggal merah dikarenakan baik di lokasi maupun dalam perjalanan akan ramai orang serta lalu lalang kendaraan. Serta usahakan apabila hendak ke destinasi wisata ini berangkat pada pagi hari. Selain karena udara yang sejuk dan jalanan yang lenggang, jika beruntung Anda dapat menyaksikan sunrise yang indah di Plunyon Kalikuning ini.

Jika sudah sampai di lokasi maka Anda dapat memakirkan kendaraan di parkiran dengan rincian parkir motor seharga Rp 3.000 dan untuk parkir mobil seharga Rp 5.000. Setelah membayar retribusi parkir lalu ada loket tiket masuk dengan harga Rp 12.000. Untuk waktu bukanya, Plunyon Kali kuning terbuka untuk umum setiap hari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

Untuk fasilitas yang terdapat pada spot wisata ini tergolong lengkap mulai dari toilet hingga terdapat warung-warung yang menyediakan berbagai macam makanan serta minuman. Selain itu di Plunyon Kalikuning juga terdapat spot camping. Jika Anda berlibur dan hendak melakukan camping bersama keluarga, teman, maupun pasangan maka Plunyon Kalikuning ini dapat Anda jadikan referensi karena letaknya yang masih dapat dijangkau dan tidak terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Dokumen Pribadi

Setelah melewati pos loket ketenangan sudah dapat dirasakan akan keindahan yang tersaji di Plunyon Kalikuning. Udara segar dan bersih yang tidak akan didapatkan di pusat Kota Jogja akan memasuki rongga hidung lalu akan bertukar di alveoli yang terdapat di paru-paru dan akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa inilah udara yang dibutuhkan oleh paru-paru yakni udara yang bersih.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline