saya berkesempatan untuk belajar copywriting bersama kompas institute, tutornya langsung dari copy writer harian Kompas, bapak Mahansa EG Sinulingga, beliau sudah menjadi copywriter harian kompas sejak tahun 97-an.
Tentu dalam jangka waktu selama ini, ada banyak perubahan bentuk penulisan copy, dan beliau berkata bahwa tidak ada formula khusus dalam menulis copy: terus ikuti perkembangan dan kemas secara kreatif.
maka dari itu, ada dasar-dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin menulis copy atau iklan. seperti apa sebenarnya kebutuhan dari target audiens kita, dan bagaimana cara menyampaikan pesannya.
terkait menyampaikan pesan, saya sangat setuju dengan apa yang dikatakan narasumber bahwa ketika kita menulis, anggap kita sedang menulis untuk 1 orang. hal ini membuat kita menjadi semakin dekat dengan pembaca dan relate.
akan lebih baik, kita bisa memvisualkan target audiens kita menjadi sosok. maksudnya, kita identifikasi terlebih dahulu ciri-ciri target audiens kita, kemudian menjadikan 1 sosok bernama Bambang, misalnya.
cara ini saya juga temukan ketika membaca buku Rework, dan setelah saya coba implementasikan, ketika menulis kita benar-benar menjadi tanpa beban. artinya, ketika menulis kita menjadi lebih intim dengan apa yang kita tulis, melalui hati, dan harapannya juga pembaca membacanya melalui hati, sehingga pesan tersampaikan.
saya tidak berbicara copywriter secara teknis di sini, karena hal itu bisa kita pelajari di mana saja. namun, yang pasti untuk menjadi copywriter kita harus sering berlatih dan melihat referensi copy lainnya. seperti kata narasumber di awal webinar: saya tidak berharap bapak ibu setelah mengikuti kelas ini langsung jago menulis iklan, tapi setidaknya mengerti langkah-langkah dan apa saja yang harus diperhatikan.
kelas yang saya ikuti selama 2 jam itu, secara keseluruhan sangat membantu saya dalam belajar menulis iklan. narasumber sangat kompeten dalam menjelaskan dan disampaikan dengan cara sederhana.
saat ini, ketika segala kegiatan lebih banyak digital, peran copywriter menjadi penting. dan profesi penulis iklan agaknya menjadi sebuah pekerjaan yang seksi.
*note: ini tulisan lama, baru saya upload. webinar di bulan Agustus 2021.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H