Lihat ke Halaman Asli

Membuat Pembelajaran Menarik Saat Kelas Daring

Diperbarui: 5 Mei 2021   22:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sudah beberapa waktu ini pemerintah memberlakukan physical distancing sehubungan dengan pandemi Virus Covid-19. Akibatnya, hampir seluruh institusi pendidikan menerapkan pembelajaran daring, baik dengan menggunakan fasilitas kelas interaktif atau dengan menggunakan berbagai platform pembelajaran online. 

Emosi dan ekspresi dalam relasi guru pada saat berinteraksi dengan siswa akan sangat mendukung keberhasilan sebuah penyampaian materi. Selain itu juga anak mengalami dan mencoba langsung materi pembelajaran juga memperkuat keberhasilan penyampaian materi. Namun dalam situasi pembelajaran secara daring, tentu ada keterbatasan. Hal ini membuat seorang guru harus berpikir sangat kreatif untuk menyajikan materi yang bisa dicoba sendiri anak di rumah, sehingga pemaparan jelas dan mudah dipahami, instruksi yang jelas, bentuk yang menarik serta mudah didapat anak-anak di rumah akan memberikan  kemudahan anak dalam memahami sebuah materi.

Guru harus bisa  berusaha menemukan cara yang inovatif, kreatif dan kekinian untuk mempresentasikan serta membuat kegiatan yang menarik baik yang dilakukan dalam kelas interaktif ataupun dalam kegiatan pembelajaran mandiri yang dilakukan anak-anak. "Misalnya dengan membuat series challenge bagi anak sehingga mereka bisa saling memberikan challenge bagi temannya yang lain, membuat vlog menarik  serta banyak lagi kegiatan menarik yang dilakukan anak-anak. Selain itu tidak lupa juga melihatkan keluarga supaya tetap ada relasi antara pembelajaran dengan lingkungan.

Selain materi-materi yang dapat disampaikan melalui pembelajaran interaktif, guru juga perlu mempersiapkan materi-materi lain yang dapat dipergunakan anak-anak yang memerlukan latihan tambahan untuk memperkuat pengetahuan dan ketrampilan mereka terhadap sebuah materi. "Memilih materi yang tepat untuk dieksplorasi anak-anak juga memerlukan kejelian dari guru. Guru harus  tetap memperhatikan perkembangan karakter siswa yangmenjadi faktor penting dalam mempersiapkan materi pembelajaran.

Infrastruktur berupa jaringan dan perangkat lunak yang baik juga menjadi faktor yang sangat penting dalam menjalankan pembelajaran daring, khususnya pembelajaran kelas interaktif baik menggunakan Google Meet/ Zoom atau platform interaktif lainnya. Guru dan sekolah dalam hal ini wajib menyediakan perangkat dan operator yang mumpuni untuk memastikan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Selain hal-hal yang dipersiapkan sekolah, peran dan kerja sama orang tua dalam membantu memantau serta mendampingi anak-anak sangat diperlukan. Hal pertama yang dapat dilakukan orang tua adalah membantu memastikan siswa hadir dalam kelas online sesuai dengan jadwal. Hal kedua adalah membantu anak-anak untuk mempelajari materi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline