Lihat ke Halaman Asli

Alat Peraga Utang UTI (Ular Tangga Tumbuhan Vegetatif)

Diperbarui: 6 Januari 2023   11:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

DESKRIPSI ALAT PERAGA UTANG UTI

Alat peraga "UTANG TUTI (Ular Tangga Tumbuhan Vegetatif)" merupakan suatu alat sederhana yang ditujukan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik serta mempermudah peserta didik dalam memahami materi perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif dalam muatan pelajaran IPA. Media pembelajaran ini dibuat berdasarkan inspirasi dari permainan yang biasa dimainkan oleh anak-anak yaitu permainan ular tangga dan permainan monopoli. Media pembelajaran ini menggabungkan kedua permainan tersebut dalam penggunaannya. Media UTANG TUTI berupa permainan ular tangga yang dilengkapi dengan kartu materi dan kartu kuis.

GAMBAR ALAT PERAGA

dok. pribadi

ALAT DAN BAHAN

Berikut ini merupakan alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan alat peraga "UTANG TUTI (Ular Tangga Tumbuhan Vegetatif) :

  • Laptop
  • Aplikasi canva
  • Kertas

LANGKAH PEMBUATAN ALAT PERAGA

Berikut merupakan langkah-langkah dalam pembuatan media pembelajaran "UTANG TUTI (Ular Tangga Tumbuhan Vegetatif)" :

  • Buka aplikasi Canva
  • Buat desain permainan ular tangga, kartu soal, serta kartu kuis.
  • Download hasil desain ular tangga, kartu soal, dan kartu kuis
  • Cetak hasil desain dengan ukuran ular tangga 80x80 cm, kartu kuis dan kartu soal dengan ukuran 10x6 cm.

CARA PENGGUNAAN ALAT PERAGA

Penggunaan alat peraga "UTANG TUTI (Ular Tangga Tumbuhan Vegetatif)" dalam pembelajaran sangatlah mudah, karena cara penggunaannya tidak jauh beda dengan permainan ular tangga dan permainan monopoli pada umumnya. Berikut adalah cara penggunaan media UTANG TUTI (Ular Tangga Tumbuhan Vegetatif):

  • Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 3-4 orang;
  • Tentukan giliran urutan bermain;
  • Mainkan permainan ular tangga dengan cara melempar dadu terlebih dahulu;
  • Jika ada pemain yang berhenti dikotak kartu kuis, maka pemain harus mengambil kartu kuis sesuai dengan nomor kotaknya dan mendiskusikan kuis tersebut dengan anggota kelompoknya;
  • Jika ada peserta didik yang berhenti dikartu materi, maka pemain harus mengambil kartu materi sesuai dengan nomor kotaknya dan semua anggota kelompoknya mencatat dalam bukunya;
  • Lanjutkan permainan sampai batas waktu yang telah ditentukan.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline