Lihat ke Halaman Asli

Afriska Ambarita

Senang membaca dan suka menulis

[Mudasiana] Jangan Sia-siakan Masa Mudamu Karena Penyesalan Datangnya Belakangan

Diperbarui: 29 Oktober 2015   08:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

(Mudasiana) Jangan Sia-siakan Masa Mudamu Karena Penyesalan Datangnya Belakangan

 

Banyak orang menyebut masa muda adalah masa yang paling indah. Saat kita sudah mulai bisa membedakan antara keinginan sendiri dengan keingnan orang tua, saat semangat masih membara dan tenaga masih perkasa. Jangan sampai masa muda sudah berlalu baru kita menyadari banyak hal yang telah terlewatkan.

Apa saja yang bisa kkita lakukan mengisi masa muda? Beberapa hal dibawah ini yang perlu kita pelajari:

  1. Belajar

Belajar adalah tugas utama seorang anak. Karena selain mengemban cita-cita orang tua, setiap kita juga pasti punya cita-cita sendiri. Tidak harus menjadi juara kelas, karena juara Cuma dihitung sampai 3 saja. Minimal bisa mengikuti semua pelajaran. Kalau tidak salah Einstein mengatakan pintar itu hanya 1%, 99% adalah latihan. Jadi tetaplah mencari tahu untuk ilmu yang belum dikuasai.

  1. Kenali hobby-mu

Selain belajar hal yang dilakukan anak muda pada umumnya adalah melakukan aktivitas yang sesuai dengan kesenangan atau hobbynya. Kita mungkin tertarik akan banyak hal, tetapi bidang mana yang benar-benar menurut kita sesuai dengan keinginan dan kemampuan kita. Selain agar lebih fokus, juga agar jangan banyak waktu yang terbuang. Kerena teman kita semua bermain bola, lalu kita ikut-ikutan walau sebenarnya kita lebih senang bermain musik. Lebih baik mencari teman dengan hobby yang sama supaya bisa lebih berkembang dan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  1. Seimbangkan waktu untuk keluarga dengan hobby

Untuk yang masih tinggal dengan orang tua. Perlu membagi waktu antara keluarga dengan aktivitas pribadi. Tidak mau kan disebut " rumah ini serasa hotel" anaknya ada semau-maunya saja. Untuk yang tinggal jauh dengan keluarga ini tidak masalah. Karena tidak perlu melapor kesiapa-siapa kalau pulang malam, kecuali ke teman kost atau Ibu kost yang biasanya tidak akan bertanya banyak tentang kegiatan kita di luar.

  1. Kenali teman bermainmu

Perlu tidak perlu untuk mengenali teman-teman kita. Tetapi tidak ada salahnya mengetahui mereka secara sepintas. Karena katanya pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik.

Demikianlah sedikit pandangan saya tentang mengisi masa muda. Jangan biarkan masa muda berlalu dengan penyesalan dimasa tua. Selamat hari sumpah pemuda 28 Oktober 2015

 

Untuk membaca karya peserta lain silahkan menuju akun Mudasiana dan kunjungi akun FB Mudasiana 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline