Lihat ke Halaman Asli

Mau Sukses? Belajar dari Kisah Pengusaha Muda Indra Kesuma

Diperbarui: 7 April 2021   15:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indra Kesuma, anak muda berpenghasilan Rp 1 miliar di usia 23 tahun. (Dok : suara.com)

Menjadi sukses di usia muda mungkin jadi impian sebagian besar anak muda, tapi kesuksesan itu tidak bisa kita dapat dengan mudah. Perjuangan dan kegigihan harus di ikut sertakan dalam mendapat kesuksesan.

Seperti kisah sukses Indra Kesuma yang penuh dengan masa-masa sulit. Laki-laki kelahiran Rantauprapat, 31 Mei 1996 ini sukses di usia muda.

Sebelum dia sukses seperti sekarang, berbagai macam profesi pernah digeluti, mulai dari sales toko bangunan, Master of Ceremonial (MC), driver taxi online, penyiar radio sampai kerja kantoran (admin). Bekerja serabutan itu dia geluti sampai lima tahun.

Namun, hasil kerja keras selama lima tahun itu hilang karena tertipu investasi bodong. "Hasil kerja keras saya selama lima tahun habis, karena di awal 2019 saya tertipu investasi bodong," kata Indra Kesuma.

Tak ingin menyerah sampai disitu, pemuda yang akrab di sapa Indrakenz ini menemukan titik terangnya, Indra mengenal trading dan memperdalamnya hingga sekarang dia mempunyai chanel youtube yang membahas trading.

Kini, Indra Kesuma menjadi founder sekaligus mentor di kursustrading.com. Saat ini jumlah member telah mencapai lebih dari 300 orang yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain menjadi founder dan mentor di kusustrading.com, laki-laki berusia 23 tahun ini juga mendirikan sebuah startup dengan nama Disotiv (Digital Society Creative) di bidang branding dan digital marketing.

Disotiv merupakan creative agency yang di dalamnya ada fotografer, videographer, web designer hingga production house. Disotiv memiliki visi untuk membantu brand dengan cara kreatif agar bisa go digital.

Kata Indra, bisnis kreatif memiliki peluang yang sangat besar bagi anak-anak muda dengan memanfaatkan dunia teknologi. Karena pada jaman sekarang semuanya di kuasai oleh teknologi jadi kita sebagai anak muda harus bisa memanfaatkannya.

Indra mengatakan, saat ini penghasilannya mencapai Rp300 juta per bulan. Penghasilan ini didapatkan dari trading, bisnis dan musik.

Terlepas dari profesinya sekarang sebagai pengusaha, ternyata Indra Kesuma pernah memenangkan kompetisi videography nasional pada 2017 dan mendapatkan hadiah sebesar Rp20 juta. Indra juga menjadi Runer Up Mister Indonesia Sumut 2018. Karier musiknya juga cukup bagus. Indra sempat bergabung dalam The Voice Indonesia 2018 yang dimentori Pop Diva, Titi DJ.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline