Lihat ke Halaman Asli

Afriella Damafarditta

Universitas Diponegoro

Efektif Tarik Perhatian Konsumen, Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Cara Jitu Penulisan Caption Promosi

Diperbarui: 2 September 2022   17:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemaparan materi copywriting oleh mahasiswa. (Foto: Kevin Surya)

Pesantren, Semarang -- Dewasa ini, dengan teknologi yang semakin pesat, juga terjadinya pandemi dan pembatasan sosial menjadikan masyarakat semakin kreatif dalam mencari peluang guna meningkatkan perekonomian keluarga, salah satunya dengan cara berjualan dengan menggunakan media sosial. Tidak terkecuali para pelaku UMKM Kelurahan Pesantren, Kota Semarang. Namun, sangat disayangkan, minimnya edukasi mengenai kiat-kiat berjualan online, termasuk penulisan caption efektif, menyebabkan promosi produk tidak maksimal. Maka dari itu, Afriella (21), mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi  yang merupakan bagian dari TIM II KKN Universitas Diponegoro, berinisiatif untuk memberikan materi sekaligus pelatihan mengenai penulisan caption efektif menggunakan rumus AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action).

Program “Pelatihan copywriting: Penulisan caption efektif untuk promosi produk di sosial media bagi pelaku UMKM” ini dilaksanakan dalam rangkaian acara sosialisasi “Strategi Pengembangan dan Upaya Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)” pada tanggal 29 Juli, 2022, yang pada prosesnya dihadiri oleh para pelaku UMKM kelurahan Pesantren, juga mahasiswa.

Dalam pelaksanaannya, Afriella menggunakan powerpoint sebagai alat bantu pemaparan materi yang berisi materi copywriting, dan memilih untuk menggunakan rumus AIDA karena lebih mudah untuk dipahami dan lebih sering digunakan oleh online shop.

Pemaparan materi ini dilakukan oleh mahasiswa dengan cara memberikan contoh dan pemahaman pada setiap poin dari formula AIDA. Pun, Afriella juga menunjukkan contoh caption yang ditulis dengan formula AIDA pada akhir pemaparan materi.

Dengan adanya pelatihan ini, pelaku UMKM diharapkan bisa menulis dan merangkai caption efektif sendiri dengan tujuan mempromosikan produk dan menarik pelanggan, serta mampu bersaing dengan penjual-penjual online lainnya.

———— 

Penulis : Afriella  (Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro)

DPL : Roro Isyawati P.G. S.IP., M.IP.

Lokasi : Kelurahan Pesantren

#KKNtimIIperiode2022 #p2kknundip #lppmundip #undip




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline