Lihat ke Halaman Asli

Afriana Jenita

Penulis Recehan

Gereja Kristus Raja Pagal; Salah Satu Bangunan Bersejarah Peninggalan Kolonial Belanda di Tanah Nuca Lale

Diperbarui: 14 Juni 2024   09:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi  Afriana Jenita

Pulau Flores adalah salah satu pulau yang menyimpan banyak sejarah dan Keunikan. Tidak hanya makanan, pakaian, lagu, bahasa tetapi juga menyimpan beberapa macam sejarah salah satunya adalah bangunan Gereja tua yang didirikan saat pemerintahan kolonial Belanda dan masih utyg sampai saat ini.

Di kabupaten Manggarai tepatnya di wilayah bagian utara ada sebuah bangunan Gereja Katolik yang didirikan oleh bangsa Kolonial. Gereja tersebut adalah Gereja Katolik Kristus Raja Pagal

Bagunan Gereja yang masih Kokoh dan sering terawat dan Lingkungan luarnya yang Asri membuat bangunan tersebut menjadi Gereja yang sangat cantik. 

Gereja yang didirikan pada tahun 1915 dan di resmikan 1939 ini juga merupakan Gereja yang menyimpan banyak keunikan dan sejarah juga perpaduan budaya lokal dan Eropa. Dan kita bisa mengetahuinya dengan berbincang dengan beberapa tokoh yang memang tahu persis perjalanan Gereja Kristus Raja Pagal. 

Selain itu terdapat sebuah menara lonceng yang yang akan dibunyikan setiap kali ada merayakan tertentu yang tentunya menambah keindahan Gereja. 

Untuk kamu yang masih penasaran boleh sesekali menginjakan kaki di Pagal. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline