Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Kode Etik Pilot? Simak Alasannya

Diperbarui: 24 Oktober 2018   00:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Transportasi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Wirestock

Suka berpergian keluar kota atau keluar negeri dengan pesawat ? jika iya pasti yang kita utamakan adalah keselamatan. Kewajiban penumpang adalah mematuhi segala peraturan yang ada di dalam pesawat contoh nya tidak mengaktifkan hp, jangan lepaskan seat belt sebelum ada arahan boleh di lepaskan, tidak membawa benda tajam dan beberapa peraturan lain yang pastinya sudah di jelaskan sebelum pesawat lepas landas.

Bagaimana dengan hak penumpang? hak penumpang adalah mendapatkan pelayanan terbaik selama berada di dalam pesawat dan yang pasti juga sampai di tempat tujuan. Sedangkan yang mengemudikan pesawat adalah tugas utama seorang pilot dan di bantu oleh copilot nya yang sebelumnya telah lulus dari sekolah penerbangan dan juga harus mengikuti beberapa tahapan seleksi dari maskapai terlebih dahulu.

Sebelum pilot tersebut bergabung pada maskapai yang akan di kemudikan pasti sebelumnya para pilot sudah membaca perjanjian, dan kode etik seorang pilot? namun mengapa ada beberapa yang masih melanggar padahal ini menyangkut keselamatan. ada beberapa kasus sebelumnya yang pernah kita lihat di beberapa berita di televisi tentang pilot yang melanggar kode etik.

Contohnya pada tahun 2011, seorang pilot yang kedapatan menggunakan narkoba, kembali terulang di tahun 2017 tetapi di tempat yang berbeda lalu juga sempat ada berita pada tahun 2016 pilot yang di duga mabuk sebelum melakukan penerbangan, yang pastinya harapan untuk kedepan semoga tidak ada lagi pelanggaran kode etik seperti yang sebelumnya sehingga penumpang akan tetap merasa aman dan nyaman selama berada di dalam pesawat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline