Lihat ke Halaman Asli

afiq arya

Mahasiswa

Pentingnya Kesadaran Diri Terhadap Potensi yang Dimiliki untuk Pengembangan Diri

Diperbarui: 30 Juni 2024   16:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

     Pengembangan diri ialah sebuah usaha yang dilakukan seorang individu untuk mencapai suatu hal atau bisa juga pencapaian. Dapat juga diartikan sebagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dirinya sendiri, seperti menambah kemampuan, keterampilan, integritas, kekayaan intelektual dan pengetahuan terhadap dirinya sendiri.

Kita dapat mencari sebuah potensi yang berada dalam diri kita setela kita mengetahui isi diri kita sendiri, dan itu bisa dilakukan dengan cara individual atau berkelompok.

Kemampuan dalam memanajemen diri sendiri sangat dibutuhkan.

"Dapat dikatakan sebuah kekuatan yang masih terpendam dalam diri seperti fisik, karakter, minat, bakat, dan lain-lain. Banyak niali diri yang belum dimanfaatkan dan diolah oleh individu tersebut". (Sari, 2015)

Menurut (Amri,2013) Tujuan pengembangan diri untuk seseorang dibagi menjadi berikut:

1. Tujuan Umum
Pengembangan diri secara umum bertujuan supaya seorang individu dapat meningkatkan potensi yang ada dalam dirinya sesuai kebutuhan khalayak umum.

2. Tujuan Khusus
Bertujuan khusus untuk menunjang pendidikan seorang mahasiswa dalam mengembangkan bakat, minat, kreativitas individu, insting berkompetensi, maupun kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Dapat juga untuk meningkatkan wawasan dan perncanaan karir pasca lulus nantinya. Kegiatan ini memicu hal-hal yang belum muncul didalam diri sendiri dan pada akhirnya timbul potensi yang begitu banyaknya dari dalam diri kita masing-masing.

Ada pula persyaratan mutlak disini untuk meraih apa yang diinginkan seperti diatas yaitu, megenali tentang kecerdasan diri dan bakat yang terpendam. Jika kita telah mengenali potensi terhadap diri kita sendiri, kita sebagai seseorang mahasiswa dapat dengan mudah untuk meraih gelar dan suatu keinginan yang kita impikan, sehingga ini semua dapat kita gunakan sebagai acuan dalam hidup untuk menjadikan hidup kita jauh lebih layak daripada sebelumnya.

Peran penting yang dapat memengaruhi dalam pencarian potensi pengembangan diri, sebagai berikut:

1. Pendidikan
Pendidikan sangat diperlukan dalam mencari sebuah potensi yang berada dalam diri kita, terlebih untuk seorang mahasiswa yang sedang mempertanyakan bahwa sebenernya apa yang sedang dia cari atau dia butuhkan. Pendidikan bertujuan untuk mengasah pola pikir seorang mahasiswa dan individu lainnya agar terbentuknya karakter manusia yang berbudi pekerti luhur nan baik yang mengikuti norma dan hukum yang ada dan tertera.

2. Relasi/Hubungan
Membangun relasi juga sangat penting untuk seseorang, karena kita ini adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain terhadap sesama manusia. Pintar-pintarlah mencari atau membuat hubungan yang baik, jangan sampai salah bergaul jika hidupmu tidak ingin sengsara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline