Lihat ke Halaman Asli

Afina ula

Mahasiswi

Perkembangan Moral Sosial Generasi Alpha yang Cenderung Introvert

Diperbarui: 12 Desember 2023   08:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perkembangan moral sendiri dapat diartikan sebagai perubahan perilaku yang terjadi pada kehidupan seseorang yang berhubungan dengan kebiasaan, tata cara sesuai dengan nilai yang berlaku. Perkembangan moral ini perlu sekali diperhatikan terutama untuk generasi alpha saat ini tumbuh dalam lingkungan yang terpengaruhi teknologi sehingga menimbulkan berbagai dampak salah satunya menjadikan pribadi introvert pada seseorang.

Sesuai dengan fakta lapangan yang telah diteliti sebelumnya menyatakan bahwasannya terdapat siswa yang memiliki sifat introvert, dimana siswa tersebut ternyata kurang bersosialisasi bersama teman - teman. Keseharian yang dia lakukan biasanya berangkat sekolah, lalu pulang, bermain dirumah, dan hampir semua kegiatan dibatasi oleh orang tuanya. Siswa tersebut tidak bisa bermain selayaknya anak-anak pada generasi alpha. Oleh karena itu  tanggung jawab orang tua tidak terletak pada tahap perkembangan akhir anak, tetapi berdampak pada masa awal kanak-kanak. Orang tua dan guru sekarang bertanggung jawab atas perkembangan anak mereka. Mereka juga bertanggung jawab atas kemampuan anak mereka untuk menyesuaikan diri dengan teman sebaya dan tentang pentingnya belajar dalam kelompok untuk memberi anak kesempatan untuk belajar di luar rumah.

Oleh sebab itu, menanamkan sikap sosial yang baik pada siswa pada dasarnya sama dengan mendidik mereka menjadi orang yang berakhlakul karimah sehingga mereka dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan mereka dan membuat keputusan masa depan yang sesuai dengan tantangan zaman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline