Klaten (09/08/2023) - Memiliki kemampuan dalam membaca dan memahami bacaan adalah hal dasar yang harus dimiliki oleh seluruh kalangan masyarakat. Peningkatan kemampuan membaca tentunya membawa dampak yang signifikan bagi perkembangan literasi seseorang. Pengasahan kemampuan membaca haruslah dimulai sejak dini.
Oleh karena itu Mahasiswa KKN TIM II Undip, Afina Khofiani Tazkia melakukan program kerja yang berjudul "Pengembangan Koleksi untuk Mendukung Kemampuan Literasi Anak". Kegiatan ini berlangsung di Taman Kanak-kanak Pertiwi Bentangan dengan fokus utama yaitu meningkatkan kemampuan literasi anak melalui buku cerita bergambar.
Koleksi cerita bergambar yang telah dikumpulkan, kemudian diserahkan kepada pihak Taman Kanak-kanak Pertiwi bentangan. Selain pengembangan koleksi, kenyamanan dalam belajar dan membaca turut menjadi faktor utama dalam peningkatan literasi anak. Maka dibentuklah pojok baca dengan dekorasi yang sesuai untuk anak-anak jenjang pendidikan taman kanak-kanak.
Pengadaan buku buku bergambar serta pojok baca adalah langkah yang tepat sebagai bentuk awal dari perkenalan membaca. Dengan koleksi yang cukup dan tempat yang nyaman akan mempermudah anak-anak dalam memahami bacaan, sehingga kemampuan literasi anak akan terus berkembang.
Penulis: Afina Khofiani Tazkia
Dosen Pembimbing: Dr. Eng. Agus Setyawan S.Si., M.Si.
Lokasi KKN: Desa Bentangan
KKN TIM II Universitas Diponegoro 2022/2023
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H