Lihat ke Halaman Asli

Afifin DwiAmaliya

Mahasiswa IAIN Jember

Pengertian Aliran Filsafat Progresivisme, Tokoh-tokoh Filsuf Filsafat Progresivisme, Konsep Kurikulum Aliran Filsafat Progresivisme

Diperbarui: 21 Juni 2021   01:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Memahami Pengertian Aliran Filsafat Progresivisme, Tokoh-tokoh Filsuf Filsafat Progresivisme, Konsep Kurikulum Aliran Filsafat Progresivisme (unsplash/freestocks)

A. Pengertian Filsafat Progresivisme

Progresivisme merupakan teori yang muncul dalam reaksi terhadap pendidikan tradisional yang selalu menekan kepada metode formal pengajaran. 

Pada dasarnya teori ini menekankan beberapa prinsip, salah satunya proses pendidikan berawal dan berfikir kepada peserta didik. Menurut pandangan progresivusme proses pendidikan memiliki dua bidang garapan yaitu psikologis dan sosiologis.

Baca juga : Filsafat Pendidikan dan Konvergensi Pembelajaran di Masa New Normal

B. Tokoh-tokoh FIlusuf Filsafat Progresivisme

1. William James

William James berpandangan menegaskan agar fungsi otak atau pikiran itu dipelajari sebagai bagian dari mata pelajaran pokok dari ilmu pengetahuan.

2. John Dewey

John Dewey berpandangan tentang sekolah adalah "Progresivism" yang lebih menekankan pada anak didik dan minatnya daripada mata pelajarannya sendiri.

Baca juga : Filsafat Pendidikan Pragmatisme dan Tokoh-tokoh Pemikiran Filsafat Pragmatisme

3. Hans Vaihinger

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline