Lihat ke Halaman Asli

Afif Darmawan

Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Apa itu INFLUENCER

Diperbarui: 30 November 2024   14:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosok Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

"Influencer" adalah orang-orang seperti pakar, superstar, blogger, YouTuber, dll. yang memiliki banyak penggemar, menarik perhatian orang lain melalui hiburan virtual, dan memiliki kekuatan persuasif yang besar terhadap orang-orang yang mengikuti mereka. Mereka disukai dan dipercaya oleh pendukung dan pemirsanya. Tindakan, perkataan, dan pakaian mereka memengaruhi pengikutnya dan mendorong mereka untuk membeli produk serupa. (Fauzi et al., 2024) Influencer dapat dengan mudah meyakinkan pengikutnya begitu mereka tertarik. influencer mempunyai pengaruh yang besar terhadap industri dan platform sosial media tertentu. Peran seorang influencer membuat mereka menaruh kepercayaan yang besar kepada audiensnya. Banyak influencer yang mampu menjalin hubungan baru dengan audiensnya berkat life sytle yang mereka hadirkan. Influencer berinteraksi dengan audiensnya dalam bentuk pengikut, berbagi kisah pribadi, membangun lebih banyak hubungan pribadi, dan mempromosikan produk yang sedang tren. Hal ini dibuktikan dengan peran influencer yang dapat mempengaruhi audiensnya untuk membeli produk, mengunjungi website, dan mengikuti akun yang direkomendasikan. Peran influencer tidak hanya berpengaruhi pada tren saat ini, tetapi juga mendorongnya maju. Karena segala sesuatu yang digunakan dan didukung oleh seorang influencer sering kali diikuti oleh pemirsa dan pengikutnya. (Anggoroningtyas & Adha, 2024)

DAFTAR PUSTAKA

Anggoroningtyas, N., & Adha, S. (2024). Penggunaan Influencer Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Belanja Online Tiktok. ... Ilmu Manajemen, Bisnis Dan ..., 1(5), 110--116. https://malaqbipublisher.com/index.php/JIMBE/article/view/216%0Ahttps://malaqbipublisher.com/index.php/JIMBE/article/download/216/227

Fauzi, A., Saing, B., Nazira, N. A., Putri, S. A., Pangeswati, S. O., Nurhasanah, S. D., Maharani, S., & Theresia. (2024). Peran Dan Fungsi Influencer Di Media Sosial. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 2(1), 1--16. https://doi.org/10.61597/jbe-ogzrp.v2i1.16

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline