Lihat ke Halaman Asli

Afifatun Nisa

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Pengalaman sebagai Mahasiswa Asistensi Mengajar UM 2023 di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang

Diperbarui: 14 Desember 2023   11:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kegiatan Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang adalah kegiatan aktivitas pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan pembelajaran di luar kampus secara kolaboratif dengan guru di berbagai satuan pendidikan dalam subsistem pendidikan formal, nonformal, dan informal. Satuan formal tersebut meliputi Taman Kanak-Kanak-Kelompok (TK-KB), Sekolah Dasar/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS) Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/MA/SMK), sedangkan Nonformal meliputi Lembaga Kursus dan Pelatihan, Sanggar Kegiatan Belajar, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Bimbingan Belajar, Lembaga Pelatihan, Organisasi Sosial Kemasyarakatan, dan Kelompok Kepemudaan dan Keagamaan. Satuan pendidikan dalam sistem Pendidikan Informal meliputi aktivitas pendidikan di Keluarga, POS PAUD, Pos Pelayanan Terpadu, dan berbagai Kelompok Hobby/Minat di masyarakat.

Saya bernama lengkap Afifatun Nisa' dari prodi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi Angkatan 2020 berkesempatan mengikuti kegiatan Asistensi Mengajar di SMK Muhammadiyah 1 Malang. Kegiatan Asistensi Mengajar ini dilakukan secara berkelompok yang diikuti oleh 15 mahasiswa, 3 anggota dari prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi, 3 anggota dari Pendidikan Matematika, 3 anggota dari Pendidikan Teknik Otomotif serta  orang lagi dari pendidikan Teknik Mesin. Kegiatan asistensi ini dilakukan selama 1 semester. Kegiatan yang kami lakukan selama melaksanakan asistensi mengajar Universitas Negeri Malang meliputi kegiatan akademik, non akademik, administrasi sekolah, dan publikasi.

SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang merupakan salah satu lembaga pendidikan formal tingkat menengah kejuruan yang membekali peserta didik agar mampu melatih karir, ulet dan gigih dalam berkompetisi di lingkungan kerja. Pada sekolah ini terdapat beberapa program keahlian, seperti :1. Teknik Bisnis Sepeda Motor, 2. Teknik Permesinan, 3. Teknik Komputer Jaringan, 4. Asistensi Keperawatan, 5. Teknik Bisnis Instalasi Listrik dan 6. Teknik Kendaraan Ringan

Sumber : https://maps.app.goo.gl/8Ji3KtYMoDYpEtJU9

SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang ini Juga memiliki Visi Misi yaitu

Visi :

"Menjadi Lembaga pendidikan dan pelatihan yang unggul, tuntas, amanah, berakhlakul karimah, kompeten dan mandiri"

Misi :

  • Menyiapkan Tamatan / lulusan yang shaleh, mandiri dan berkarakter
  • Mengembangkan menejemen pendidikan dan pelatihan kejuruan yang bermutu dan memenuhi standard pendidikan kejuruan
  • Menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan industri serta masyarakat untuk melaksanakan model pendidikan dan pelatihan kejuruan yang relevan dengan perkembangan jaman

Pengalaman saya selama mengikuti kegiatan Asistensi Mengajar ini sangat sangat banyak. Karena selama mengikuti program asistensi mengajar di SMK Muhammadiyah 1 Malang mahasiswa asistensi mengajar di sekolah ini banyak melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa asistensi mengajar di sekolah ini maupun bagi SMK Muhammadiyah 1 Malang. Adapun beberapa kegiatan tersebut seperti melaksanakan pembelajaran baik itu dilapangan maupun dikelas, mendampingi beberapa kegiatan ekstrakurikuler, ikut andil dalam membantu kegiatan PTS (Penilaian Tengah Semester) dan PAS (Penilaian Akhir Semester), Membantu sekolah dalam pembagian piket mahasiswa (Piket pagi didepan gerbang, piket kebersihan kelas, piket pengumpulan handphone dan piket menggantikan guru apabila ada guru yang berhalangan hadir), dan juga membantu beberapa acara yang diadakan oleh sekolah (Peringatan 17 Agustus, Peringatan Maulid Nabi, kegiatan Jobfair, dll).

Dari beberapa kegiatan Asistensi Mengajar yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Malang ini, saya menjadi bertambah banyak ilmu dan wawasan.  Saya mendapatkan pengalaman real di sekolah saat saya melakukan pengajaran di kelas, pengetahuan tentang administrasi, dan pengelolahan lainnya di sekolah. Saya juga lebih memahami lagi tentang bagaimana cara menjadi  gruu yang baik, karena tugas guru tidak hanya mengajar namyn ada banyak hal yang dilakukan seperti membuat perangkat pembelajaran, mengelola perpustakaan, dan mengelola unit bisnis serta berwirausaha. Saya juga dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan saya dalam membuat media pembelajaran yang inovatif, menarik dan juga interaktif dalam pelaksanaan pembelajaran yang sesuai. Ditambah lagi saya juga dapat menambah pengalaman mengajar di kelas dan di lapangan secara real bersama para siswa, bagaimana cara mengendalikan kelas yang ramai dan bagaimana cara membuat suasana kelas lebih hidup sehingga proses pembelajaran lebih menyenangkan.

Pengalaman tersebut menjadi pelajaran bagi saya bahwa guru yang berhasil adalah guru yang mampu mengarahkan ke hal baik, mendidik, dan mau mendengarkan masukan atau pun kendala dari siswanya agar kedepannya diharapkan siswa tersebut menjadi semakin baik, dan juga selain itu guru harus terus menerus mau belajar untuk bisa menjadi tenaga pendidik yang lebih baik dan professional. Saya pribadi merasa kegiatan asistensi mengajar ini secara tidak langsung dapat mengajarkan saya bagaimana jika mahasiswa terjun langsung di sekolah, bagaimana menjadi guru yang baik, serta bagaimana menjadi guru yang berhasil hal ini tidak luput dari pengalaman yang saya rasakan sendiri selama mengikuti program asistensi mengajar ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline