Lihat ke Halaman Asli

Universitas Muhammadiyah Malang Gelar Pengabdian bersama Masyarakat Dusun Gumuk, Selorejo, Dau, Malang

Diperbarui: 17 Januari 2021   05:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Kegiatan pengabdian masyarakat yang di laksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Di Dusun Gumuk ini bertujuan untuk memberdayakan dan membantu masyarakat dalam memajukan sektor penghsil jeruk, sebab Dusun yang dijadikan sebagai pengabdian masyarakat ini berpotensi sebagai salah satu Desa Wisata Petik Jeruk Di Kabupaten Malang.

Selama melakukan pengabdian, kelompok kami selalu ikut berpartisipasi dalam mengikuti dan membantu kegiatan warga dusun Gumuk-Selorejo. kegiatan pengabdian ini merupakan program pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, dimana pengabdian ini dilaksanakan oleh lima (5) mahasiswa UMM yang berasal dari jurusan yang sama, diantaranya adalah : M Syahid Anwar, Sabila Rizki Amaliah, Afifatin Mawaddah, Nanda Imroatus, dan Nanda Kurniawan sebagai koordinator kelompok kami.

Program kerja yang kami tawarkan adalah Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dusun Gumuk – Desa Selorejo – Kecamatan Dau – Malang Melalui Pemberdayaan Pada Bidang Pendidikan Di Era Pandemi. Pasalnya di era pandemic covid-19 kegiatan pada bidang pendidikan di semua sekolah mengalami perubahan system pengajaran yang berbeda, seluruh siswa/siswi melaksanakan pembelajaran di rumah masing-masig, oleh karenanya kami membuat program kerja bimbingan belajar Learning Fun. Harapan kami setelah pengabdian ini dapat menjadikan desa tersebut desa yang berkemajuan dalam segala bidang, khususnya bidang pendidikan, juga dalam sektor ekonomi, dll.

Dalam sektor ekonomi kami telah mengikuti kegiatan warga, dengan mengikuti 5 kali panen jeruk  dalam jangka waktu satu bulan. Hal ini tentu pengalaman yang sangat mengesankan untuk kelompok kami, karena kita sebagai mahasiswa dapat berpartisipasi langsung mengikuti kegiatan warga dan memetikm banyak pelajaran sosial yang bisa kita ambil.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline