Lihat ke Halaman Asli

Suka Duka,Perjuangan ke Kampus Merah Putih

Diperbarui: 17 Juni 2015   23:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Assalam mualaikum wr.wb

Apa itu kampus merah putih, ada yang tau gak,?? Mungkin sebagian belum ada yang tau…

Perkenalkan nama saya Afif Anang Kurniawan, lahir di Surabaya, dari keluarga yang sederhana, yaitu ayah dan ibu ku yang pekerjaan nya, wiraswasta atau wirausaha itu bahasa kerennya, tapi sebenarnya usaha warung sama sebuah toko sembako, dari situ orang tuaku dapet menghasilkan uang dan mencukupi kehidupan sehari-hari. Oh ya saya sekarang umur 18 tahun, lahir pada tgl 14 Desember 95, masih mudah kan guys hehe,, :D tinggi dan berat badan saya 168cm dan 60 kg, hehe gmana kecil ya :D,saya ini alumni SD negeri Perak Barat 4 Surabaya, SMP NEGERI 7 Surabaya, dan SMK NEGERI 2 Surabaya (TKJ),,itu riwayat pendidikan ku guys, negeri semua ya dari sd sampek smk ku hehe, tapi di perguruan negeri aku masuk di swasta, nah di KAMPUS MERAH PUTIH hehe, saya masih Semester 1 fakultas Teknik Informatika, masih mahasiswa baru hehe,,

Penasaran ya yang belum tau kampus MERAH PUTIH itu apa n dmana,,

Disini aku jelasin, Kampus Merah Putih kampus merah putih itu nama lain dari Universitas 17 Agustus 45, (UNTAG)universitas swasta yang letaknya di jalan Semolowaru no 45 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia,mengapa saya kok masuk universitas itu, gini ceritanya, setelah saya lulus dari SMK, saya bingung dan pengennya masuk perguruan tinggi negeri dan kalok masuk swasta uang orang tua ku gak cukup, akhirnya saya ikut” tes di SBMPTN 2013 yaitu saya memilih ITS dan saya pun gak di terima, alias gak lolos masuk ITS, disitu saya hampir frustasi, mau daftar ke swasta uang belum cukup, nah waktu saya ikuti tesnya / ujiannya itu di UNTAG,ya saya juga nanya” informasinya UNTAG ya agak tertarik tapi di tahun itu aku belum kuliah atau masuk untag (Kampus Merah putih), bulan demi bulan aku lewati hingga aku hampir putus asa, aku kemanakan hidup ini, kerja gak kerja, kuliah gak kuliah. Hidup yang tanpa arah dan tujuan waktu itu, berdoa dan beribadah terus, akhirnya aku mengikuti atau di ajak tetangga ikut REYOG,buat prakarya seperti topeng, ngejahit baju buat baju REYOG, mungkin teman” disini ha ngapain ikut REYOG, tapi disitu aku melihat kehidupan, aku berpikir kalok ada seni bias hasilkan uang lah mengapa aku bingung, di situ lumayan lah aku dapat uang buat jajan dan menabung, sehingga dari situ aku dapat temen baru, dan ternyata lebih sedih dari apa yang aku pikirkan, ternyata anak” pemainnya ada yang sekolahnya belum sampek SMA atau SMK, karena factor ekonomi.

Ikut REYOG itu gak tiap hari main trus, nunggu ada yang ngundang, lah minggu ke minggu lagi undangan pun jarang, jadinya aku cari” lowongan pekerjaan dan akhirnya aku melamar di sebuah perusahaan swasta dan aku di terima, Alhamdulillah kan cari pekerjaan gak segampang membalikkan tangan,harus ngelamar sini ke situ lah, lumayan lah kerja disitu meskipun gajinya gak begitu gede ya 1jutaan lah hasilnya,tapi yang ku dapatkan seribu pengalaman dan motivasi dari orang-orang lain. Dari orang bener baik dan pura” baik,aku pernah di bohongin sama temen kerja ku sendiri sehingga separuh dari gajiku dibawa, sekarang aku harus berhati” karena temen bisa saja baik bisa saja jahat.  Aku bekerja dengan system Shift, ada masuk pagi dan masuk sore, kalok ada acara gitu bias pulang sampek pagi. Bingung kan temen kok sampek pagi, karena aku kerja di sebuah mall di Surabaya, pasti anak surabaya pada tau, yaitu di Surabaya Town Square (SUTOS), nah gitu lah mall ini kan buka jam 10 sampek jam 12 malem, kalok weekend bias sampek jam 2 pagi, nah kalok ada acara nonbar atau nonton bareng gitu sampek pagi pulangnya.

Saya rutin kerja disitu sampek di tahun 2014, saya kepikiran lagi karena saya pingin nerusin pendidikan saya, dan di sa’at itu ada SBMPTN 2014 sehingga saya daftar lagi, saya memilih perguruan tinggi negeri universitas airlangga (UNAIR) di situ aku milih fakultas ilmu sejarah, tapi gitu selesai ikut ujian aku gagal lagi, gak masuk perguruan tinggi negeri, disitu berpikir pada diri sendiri mengapa gak masuk ITS atau UNAIR, sampek menyalahkan diriku sendiri. Kemudian aku cari” perguruan tinggi swasta, dan aku liat info ku dulu waktu ujian di untag, aku melihat info” di internet juga tentang untag, sama tanya” ke temen” ku, dan disitu juga aku mendaftar di untag, lumayan bagus kata”nya temenku. Loh kok bisa mendaftar di perguruan tinggi swasta kan cerita di atas gak ada uang buat daftar di perguruan tinggi. Di sini aku ceritakan uang yang ku dapat dari kerja aku kumpulin sebagian aku buat untuk USAHA dan buat membayar atau mendaftar masuk ke UNTAG, Alhamdulillah aku dari bekerja itu dapat buat USAHA ya yaitu OLSHOP, dari uang itu aku muterin n dapet nya buat biaya kuliah, sekarang aku dah berhenti bekerja, karena kalok gak bekerja gak memungkinkan untuk kuliah.

Apa anda senang kuliah di UNTAG atau Kampus Merah Putih ..?

Menurutku senang, karena cita” saya itu habis lulus dari SMK saya ingin kuliah, mungkin aku gak masuk di PTN, ya juga mungkin saya jodoh masuk di UNTAG atau di KAMPUS MERAH PUTIH, di kampus ini beda dengan lain”nya di waktu ospek rata” memakai pakain putih hitam, tapi disini memakai baju batik yang secara khas asli buatan Indonesia, di kegiatan ospek juga banyak materi” untuk mengubah karakter bangsa Indoneisa dan sering di beri motivasi, spiritual seperti keagamaan. Indonesia butuh jiwa pemuda yang berkarakter dan mengubah. Oh ya aku di UNTAG ambil fakultas Teknik Informatika. Dan juga di situ  ada temen se sekolah ku dulu waktu di SMK.Aku juga ingin cepat” menyelesaikan kuliah, bukannya saya benci UNTAG, tapi saya ingin di umurku yang muda aku dapat gelar S1 dan di waktu kegiatan ospek dah bilang, Indonesia butuh jiwa mudah yang berkarakter yang bisa mengubah negeri ini.

Aku ingin memiliki karyawan yang bisa kerja di perusahaan ku ntar,jadi aku lebih suka usaha, ya mungkin ntar aku juga keja untuk cari modalnya. aku sebenarnya uaha OLSHOP di larang sama ibu ku, tapi aku ngeyel dan aku terusin sampek sekarang, ya hasilnya lumayan juga.

Mengapa ambil informatika ??

Karena aku suka pel ini, dan aku juga nerusin jurusan ku dulu di SMK, aku juga memperdalam ilmu ku di informatika, ya mungkin di tugas akhir aku ingin membuat sebuah alat untuk sebuah kemajuan, dan yang di gunakan oleh manusia. Aku ikut UKM Futsal, ya saya hobinya maen futsal hehe :D, nah disitu lika liku ku masuk ke Kampus Merah Putih, banyak hal yang kudapatkan, bahwasannya aku yakin hidup pasti berputar mungkin sekarang aku di bawah, tapi ntar aku ingin buktikan yang mempunyai perusahaan dan seribu karyawan. DO’A kan ya Kawan. AMIN J

"jika kita mampu menjadi diri kita sendiri buat apa menjadi orang lain, saat ini saya memang berprofesi sebagai seorang usaha Olshop dan seorang mahasiswa, tapi tak masalah itulah saya.
yang terpenting adalah HALALAN THOYYIBAN, selagi masih ada kemauan pasti ada jalan"

Ini artikel dari saya, ma’af jika ada kata yang salah, atau bahasa yang kurang enak, soalnya aku orang awam yang baru pertama membuat artikel :D

Itu perjuangan ku selama mau masuk ke tempat Universitas 17 agustus 1945 (UNTAG) Kampus Merah Putih.

Sekian terima kasih dah menyimak artikel ini, kalok ada yang kurang tolong kasih saran, ma’af aku orang awam hehehe :D

Wassalam wr.wb …




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline