MALANG-BULUPITU,GONDANGLEGI. Kelompok KKN Tematik Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang melaksanakan program "Pelatihan Digital Marketing" yang digelar pada Hari Sabtu, 10 Juli 2021 di Balai Desa Bulupitu, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Pelatihan digital marketing ini bertujuan agar masyarakat bulupitu tidak terjebak dalam pemasaran secara konvensional yang lambat laun mulai dimakan oleh zaman yang memang dalam dunia bisnis semakin minim dilakukan. Selain itu, juga agar masyarakat bulupitu dapat menambah penghasilan, mengurangi biaya promosi, meningkatkan pangsa pasar dan memberikan alternatif lain untuk berjualan disaat PPKM dan Pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga sekarang.
Sasaran program ini adalah ibu-ibu Desa Bulupitu yakni berasal dari anggota PKK serta masyarakat yang sudah berwirausaha. Seminar ini diikuti oleh 20 orang masyarakat Desa Bulupitu. Penanggung jawab dari proker kali ini adalah Febri Setiawan dan Agung Pambudi. Kegiatan pelatihan digital marketing dimulai pada pukul 13.00 WIB.
Acara pelatihan digital marketing ini dipandu oleh MC Berliana Oktavianda. Acara yang pertama yaitu pembukaan dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Echa Mayora Olivantina. Masyarakat Bulupitu begitu semangat dan hikmat dalam menyanyikan lagu Indonesia Raya sehingga suasana di Balai Desa Bulupitu menjadikan Tim KKN semakin antusias dan bersemangat.
Selanjutnya, memasuki acara sambutan yang disampaikan oleh Febri Setiawan selaku penaggung jawab proker pelatihan digital marketing. Dalam sambutan tersebut, Febri mengucapkan terimakasih atas kedatangan para tamu undangan dan juga meminta maaf apabila terdapat hal yang kurang berkenan. Lalu, disampaikan pula tujuan dan harapan diadakannya kegiatan ini semoga bermanfaat bagi masyarakat dalam menambah pengetahuan dan memberikan cara lain dengan menghadirkan pelatihan digital marketing sebagai upaya mendongkrak masyarakat untuk bergerak mengikuti perkembangan di era digital.
Sebelum memasuki acara inti, yaitu penyampaian materi oleh narasumber dilakukan doa bersama yang dipimpin oleh saudara Aji Rahmatullah . Doa dipimpin dalam penuh hikmat dengan menundukkan kepala sejenak oleh seluruh hadirin. Setelah berdoa tibalah saatnya acara inti yaitu penyampaian materi serta sesi tanya jawab yang disampaikan oleh Febri Setiawan dan Agung Pambudi. Keduanya adalah Tim KKN Tematik UM yang mana juga mempunyai pengalaman tentang digital marketing. Febri dan Agung menyampaikan materi menggunakan power point diawali dengan membahas apa itu digital marketing. Selanjutnya, disampaikan topik tentang mengapa harus beralih ke dunia digital marketing dimana dijelaskan terlebih dahulu seberapa banyak pengguna internet di Indonesia pada awal 2021, serta seberapa peningkatan penggunaan internet dari tahun ke tahun. Lalu juga disampaikan keuntungan dari digital marketing dilihat dari segi kecepatan penyebaran yang begitu cepat, jangkauan yang sangat luas, kemudahan dalam melakukan digital marketing tidak terkendala waktu, segi murah dan efektif dalam pelaksanaannya, dan tentu juga membangun identitas dan nama brand. Lalu setelah memberikan pendekatan seberapa penting dan manfaat digital marketing peserta juga diajak untuk bagaimana melakukan digital marketing.
Para peserta pelatihan digital marketing ini mayoritas masih menggunakan media Whatsapp dan Facebook saja sehingga tim KKN mengarahkan untuk lebih memfokuskan ke arah penggunaan dua aplikasi tersebut. Awalnya pemateri memberikan cara bagaimana menyusun konten digital mengenai promosi produk, lalu diberikan cara mengedit, memberikan sentuhan yang menarik untuk suatu produk mengunakan aplikasi yang mudah digunakan dan didownload di handphone para masyarakat. Tak lupa juga penyampaian bagaimana cara membuat kata-kata atau caption yang menarik sebagai ajang promosi. Sehingga kedepannya dari pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang positif.
Diakhiri dengan sesi tanya jawab, terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta. Ada masyarakat yang bercerita tentang kondisi usahanya, lalu bertanya bagaimana cara untuk bersaing disaat semua orang menerapkan digital marketing dan lain-lain. Acara berjalan dengan lancar dan ditutup dengan sesi dokumentasi foto bersama. Harapannya melalui kegiatan ini masyarakat bisa mendapatkan pengetahuan dan mulai bergegas menjalankan digital marketing sebagai alternatif dunia usaha dan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas usaha mereka.