Lihat ke Halaman Asli

Afifah Nabila RR

belum bekerja

Mengenal Permasalahan Sampah Saat Ini

Diperbarui: 8 Januari 2024   16:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

MENGENAL PERMASALAHAN SAMPAH SAAT INI

Dari tahun ke tahun pasti tetap ada permasalahan sampah di dunia ini.Tidak hanya di negara kita, namun di negara negara yang maju pun tetap ada permasalahan sampah, sampah selalu menjadi masalah.Di Indonesia hingga saat ini setiap harinya dapat menghasilkan belasan bahkan puluhan ton sampah. Namun masih banyak warga negara kita yang membuang sampah di tempat tempat umum seperti lapangan,stadion,dan lain sebagainya padahal bisa disimpan dikantong terlebih dahulu atau mencari tempat sampah di area sekitar.

Pada area trotoar saat ini banyak sampah sampah plastic yang berserakan akibatnya membuat tidak nyaman dipandang oleh Masyarakat selain itu sampah dapat berakibat juga bagi Kesehatan contohnya sampah tersebut menjadi sarang serangga seperti lalat dan nyamuk lalu sampah juga menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir dan pencemaran udara karena bau nya yang tidak sedap.

Tidak hanya petugas kebersihan saja yang membersihkan sampah dilingkungan terbuka namun kita juga perlu mempunyai inisiatif yang tinggi untuk memunggut sampah jika ada sampah disekitar kita dan itu dapat membantu petugas kebersihan dalam menjalankam tugas,sampah yang ada di TPA nantinya diolah, atau dihancurkan lalu dibentuk kembali menjadi bahan yang berguna sehingga bisa menghasilkan uang.

Dampak dari membuang sampah sembarangan sangat banyak bukan? Maka dari itu,mulai dari kita sendiri harus sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan.Peran Pemerintah dalam hal ini juga sangat diperlukan dengan adanya pembuatan aturan aturan dan sanksi diharapkan dapat menyadarkan kesadaran Masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

Saat ini kita dikgaetkan dengan berita adanya penumpukan sampah yang terjadi di pintu utama TPA Landoh  tepatnya di kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Luapan sampah ini mengakibatkan jalan utama menuju TPA tidak bisa dilalui kendaraan pengangkut sampah.Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rembang mengeklaim penumpukan luapan sampah pada jalan itu disebabkan oleh kerusakan alat-alat berat yang untuk sementara di parkirkan di TPA. Ia memastikan dalam 3 hari ke depan alat berat sudah bisa difungsikan kembali untuk membersihkan luapan sampah tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline