Lihat ke Halaman Asli

UAS Kdips

Diperbarui: 24 Juni 2024   08:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karya Afifah

Melestarikan Lingkungan Hidup merupakan tugas penting bagi kita penghuni bumi ini untuk memastikan kesemimbangan ekosistem dan keberlangsungan hidup manusia serta makhluk hidup lainnya.

Lingkungan hidup yang sehat dan lestari merupakan fondasi utama bagi kesejahteraan hidup manusia serta makhluk hidup lainnya, aktivitas manusia yang tidak berkelanjutan bisa menyebabkan kerusakan yang signifikan pada lingkungan oleh karena itu melestarikan lingkungan hidup adalah upaya penting yang harus dilakukan oleh semua pihak. Berikut beberapa langkah-langkah dalam melestarikan lingkungan:

1. Mengurangi penggunaan plastik

 Plastik biasanya digunakan hanya sekali pakai yang mana itu menjadi salah satu penyebab utama polusi pada lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan seperti kain atau kertas, dan mendaur ulang plastik dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

2. Pengelolaan Sampah Dengan baik 

 Sampah yang tidak dikelola dengan baik dapat mencemari tanah,air dan udara. Memisahkan sampah organik dan anorganik serta mengelola limbah berbahaya dengan benar adalah langkah yang penting dalam mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan.

3. Menanam Pohon

Pohon memiliki peran penting dalam menyerap karbon dioksida, memproduksi oksigen, dan menjaga keseimbangan ekosistem. Dengan penghijauan, seperti penanaman pohon kembali dapat membantu mencegah erosi, memperbaiki kualitas udara dan menjaga keseimbangan alam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline