Lihat ke Halaman Asli

Jangan Lupa Bersyukur

Diperbarui: 4 Desember 2023   09:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Afifah Fadhilah Surya Ananda

NIM : 233131014

Prodi : Pendidikan Islam Anak Usia Dini 

Fakultas Ilmu Tarbiyah 

Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta 

Dari Abu Hurairah berkata : Rasulullah saw bersabda: "pandanglah orang yang berada di bawah kalian , jangan memandang yang ada di atas kalian, itu lebih baik membuat kalian tidak mengkufuri  nikmat Allah." ( H.R. muslim)

Dalam hadits diatas dapat disimpulkan bahwa Rasulullah memperingatkan manusia harus bersikap syukur terhadap nikmat Allah yang di anugerahkan kepadanya .dan resep yang di jelaskan Rasulullah adalah manusia agar memandang ke bawah lebih rendah dalam hal keduniawian seperti kedudukan pangkat, dan harta kekayaan karena hal tersebut akan mendorong manusia untuk lebih bersyukur dan manusia harus sadar bahwa kedudukan atau pangkat , serta harta kekayaan yang lebih tinggi yang di miliki orang lain itu merupakan ujian, sehingga manusia lebih selamat memandang ke bawah dalam hal tersebut, sehingga terhindar dari sikap mengandai-andai yang menimbulkan manusia akan jauh dari syukur nikmat.

Nah dari artikel diatas kita perlu melihat keatas untuk memberi motivasi pada diri kita untuk berusaha, sepanjang batas yang dibenarkan syariat agama. Dan kita juga dianjurkan untuk bersikap qanaah yaitu menerima apa adanya atas pemberian Allah SWT.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline