Lihat ke Halaman Asli

Afif Auliya Nurani

TERVERIFIKASI

Pengajar

Peringatan Hari Jadi Sulawesi Utara ke-59: dari Fun Run hingga Operasi TNI AL

Diperbarui: 5 Desember 2023   18:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perairan Manado. Sumber: Travel Kompas

Sulawesi Utara (Sulut) merupakan salah satu provinsi yang terletak di bagian timur Indonesia. Provinsi dengan luas wilayah 13.892 km2 atau setara hampir 3 kali luas Brunei Darussalam ini memiliki Ibukota yang berlokasi di Kota Manado. 

Tanggal 23 September lalu, provinsi Sulawesi Utara memperingati hari jadi yang ke-59 dengan mengusung tema “Kerja Hebat untuk Sulut Lebih Maju”. Pada kesempatan kali ini, Pemerintah Sulawesi Utara merilis logo peringatan ulang tahun yang dikembangkan dari logo peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

Meski demikian, logo hari jadi Sulawesi Utara memiliki filosofis yang berbeda. Secara garis besar, makna logo tersebut menggambarkan semangat yang membara dan memotivasi untuk terus melangkah ke depan demi masa depan yang lebih baik. 

Logo tersebut mewakili keberanian dan keteguhan untuk menghadapi setiap tantangan.

Logo Hari Jadi Sulut ke-59. Sumber: Manado Post

Serangkaian acara dilakukan sebagai bentuk rasa syukur dalam memperingati hari jadi provinsi Sulawesi Utara yang ke-59. Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, mengungkapkan bahwa momentum hari jadi di tahun ini merupakan kolaborasi antara pemerintah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan masyarakat dari berbagai kalangan.

Acara diawali dengan upacara yang dihadiri oleh perwakilan komponen masyarakat dengan mengenakan baju adat. Dilanjutkan dengan parade dari TNI AL, IPDN, dan seluruh jenjang siswa sekolah. Adapun puncak peringatan hari jadi Sulawesi Utara digelar di area Pohon Kasih Mega Mas Manado, pada hari Sabtu (23/09/2023) lalu.

Pada kesempatan tersebut, Olly Dondokambey beserta wakil gubernur, Steven Oe Kandouw, juga menerima brevet kehormatan dari TNI AL yang diberikan langsung oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda (Laksda) TNI Yayan Sofiyan. Usai parade dilanjutkan dengan aksi terjun payung dan juga Kasal Cup Water Sport 2023.

Kasal Cup Water Sport 2023. Sumber: Sulut News

Kasal Cup Water Sport merupakan gelaran pertandingan layar yang diselenggarakan oleh TNI AL. Lebih lanjut, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut, Laksda TNI Ahmad Heri Purwono mengemukakan bahwa Kasal Cup Water Sport 2023 juga dimaksudkan dalam rangka menyambut HUT TNI AL ke-78.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline