Lihat ke Halaman Asli

Hasil Belajar Meningkat Dengan Metode Demonstrasi

Diperbarui: 9 Januari 2023   00:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

“MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI SHALAT BERJAMAAH MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS VII MTS NURUL ISLAM CLEKATAKAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022)”

 

Oleh:

Nur Afifah

 

Guru Mepel Pendidikan Agama Islam

Email: nurafifahsmkci@gmail.com

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran metode demonstrasi sehingga siswa dapat beraktifitas dan berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kualitas shalat siswa pada pembelajaran Fiqih tentang shalat berjama’ah. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas model Kurl Lewin yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan analisis dan pembahasan peneliti dapat menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran demonstrasi sebagian besar siswa sudah memperlihatkan prediket MK (Membudaya/Kebiasaan) yaitu siswa terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten. Adapun belajar dengan menggunakan LKPD, sangat membantu merangsang minat dan aktifitas siswa belajar, sehingga suasana dalam berdiskusipun berkesan asyik dan menyenangkan. Dengan adanya kegiatan demonstrasi yang dilakukan berulang-ulang, siswa sudah dapat memposisikan dirinya ketika menjadi imam, menjadi makmum biasa maupun makmum masbuq.

Kata kunci : Metode Demonstrasi, Pembelajaran Fiqih, Shalat Berjama’ah.

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline