Lihat ke Halaman Asli

Carilah Ilmu Walau Sampai MAN 3 Malang

Diperbarui: 25 Juni 2015   04:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1337933137426951244

[caption id="attachment_190422" align="aligncenter" width="560" caption="dokumen pribadi"][/caption]

Setelah menempuh perjalanan semalam, pagi hari rombongan MAN  (Madrasah Aliyah Negeri 1) Klaten tiba dengan selamat di Wisma MAN 3 Malang. Sekolah tujuan studi banding ini merupakan salah satu MAN model dengan mencuatkan beberapa keunggulan. MAN model sebenarnya tidak jauh berbeda dengan model akselerasi, RSBI atau lainnya. Sekolah bisa unggul karena pengelolaan memang berbeda dengan yang lain.

Secara fisik, gedung sekolah berdiri megah. Dibeberapa sudut terlihat pepohonan yang membuat rindang suasana sekolah.  Ruang kelas dan ruang pendukung pembelajaran terlihat luas dan bersih. Sarana olah raga dan area untuk kegiatan siswa sangat representatif.

Dalam paparannya, Drs. Sukri, M.Pd. selaku Wakil Kepala Urusan Humas menyampaikan, secara umum MAN 3 Malang dapat berjalan seperti ini karena ada buku panduan atau pegangan. Buku itu diterbitkan bersama antara Kepala Sekolah, Guru, Karyawan, Komite, Osis dan Cendekiawan yang berkomitmen terhadap visi MAN 3 Malang. Lebih lengkap dapat dilihat disini.

Dari hasil studi banding yang saya ikuti, beliau memberi penjelasan secara detail tentang kondisi MAN 3 sebagai berikut :

1. Siswa.

Mayoritas siswa MAN 3 justru berasal dari luar malang. Dari sejumlah siswa yang dari luar malang itu, 70% berasal dari luar jawa. Tidak kalah uniknya, siswa yang diterima sebagian besar berasal dari SMP.

2. Sarana dan Prasarana.

MAN 3 Malang saat ini memiliki gedung yang representatip. Selain gedung untuk pembelajaran, ada pula gedung pendukung yang berupa : Penginapan lengkap dengan aula, Masjid yang luas sehingga dapat menampung jama’ah yang banyak, Koperasi sebagai unit usaha. Koperasi ini berkembang pesat karena memiliki motto DUIT. D : Dedikasi yang tinggi. U : Usaha yang maksimal. I : Ikhlas dalam tugas. T : Taqwa, tabah, dan taqwa.  Motto ini bukan hanya tertulis diatas kertas, tapi dilaksanakan dengan melibatkan keluarga besar MAN 3 Malang.

3. Kerjasama dengan Sekolah dan Perguruan Tinggi Luar negeri.

MAN 3 Malang memiliki 2 basis bahasa selain Bahasa Indonesia, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Untuk mengembangkan kedua bahasa itu kerja sama dengan sekolah atau perguruan tinggi luar negeri mutlak dilaksanakan. Diantara sekolah dan perguruan tinggi antara lain : Aoyama School of Japanese Tokyo-Japan, I.C Nagoya-Japan, University of The Holy Quran and Islamic Sciences Sudan, Omduman University Sudan dan International University of Africa Sudan. Dalam kesempatan tertentu, MAN 3 menghadirkan guru langsung dari luar negeri.

4. Pelayanan Keunggulan.

Melayani guru dan siswa yang memiliki bakat dan keunggulan, sangat diperhatikan. Lewat penerimaan siswa baru, sudah dijaring potensi yang mungkin dimiliki oleh calon siswa. Tidak heran kalau kegiatan ekstar kurikulernya sangat banyak dan beragam.  Bentuknya berupa pemberian akses yang seluas-luasnya, sarana dan prasarana yang dimiliki.

5. Tata Tertib.

Sudah menjadi rumus umum, apabila ada sekolah yang memiliki keunggulan, maka didalamnya tersimpan tata tertib yang ketat. Pada awalnya, prioritas yang digarap adalah tentang budaya merokok dan membawa Hand Phone. Dari dua biang utama penyebab keruntuhan kedisiplinan inilah, MAN 3 mulai merambah ke dalam bentuk lain, seperti penyelesaian tugas, kerjasama antar individu dalam kelompok dll.

[caption id="attachment_190424" align="aligncenter" width="300" caption="dokumen pribadi"]

133793318345668074

[/caption]

[caption id="attachment_190425" align="aligncenter" width="300" caption="dokumen pribadi"]

1337933200769147506

[/caption] [caption id="attachment_190426" align="aligncenter" width="300" caption="dokumen pribadi"]

13379332271499210361

[/caption]



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline