Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Ini Adakan Bimbel Gratis

Diperbarui: 27 Januari 2022   14:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN UIN Waslisongo adakan Bimbel Gratis

Kompasiana.com - Mahasiswa KKN Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) dari Rumah ke-13 UIN Walisongo Semarang mengadakan bimbingan belajar gratis di masa pandemi  Covid-19 sebagai salah satu program kerja. Kegiatan bimbingan belajar ini dilaksanakan setiap hari Senin, Selasa, dan Rabu dari tanggal 17 Januari 2022 sampai dengan 21 Februari 2022.

Bimbingan belajar gratis ini diikuti oleh siswa/siswi SD sampai SMP yang dilaksanakan di Ndalem Kasuargan, Desa Tampingan Kecamatan Boja Kabupaten Kendal.

Rizky Wijanarto, mahasiswa KKN yang menjadi salah satu tentor di bimbingan belajar gratis ini menyebutkan materi yang diajarkan bervariasi, menyesuaikan dari kebutuhan siswa/siswi tersebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu adik-adik yang mengalami kesusahan akibat adanya kegiatan pembelajaran jarak jauh. Karena adanya pandemi Covid-19 banyak sekolah yang mengganti pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring di rumah masing-masing.

"Proses pembelajaran seperti itu terkadang membuat siswa-siswi menjadi malas belajar, sehingga bimbingan belajar ini perlu diadakan dan diselingi game atau tebak-tebakan agar mereka menjadi lebih semangat," Ujar Rizky Wijanarto, Senin (17/01/2022).

Selain itu, kegiatan ini mendapatkan tanggapan positif dari warga sekitar dan  para orang tua, mereka mengaku senang dengan adanya kegiatan ini karena dapat membantu mereka mengajari anak-anaknya.

"Saya senang sekali dengan adanya bimbingan belajar gratis ini, sekarang ada yang membantu membimbing anak-anak untuk belajar, disaat sekolah yang sekarang ini serba daring membuat anak-anak lebih banyak bermain daripada belajar," Ucap Bapak Sidiq warga sekitar.

Kegiatan bimbingan belajar ini merupakan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan. Mahasiswa dapat menyalurkan ilmu yang diperoleh saat sedang kuliah. Dengan adanya kegiatan ini yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN MIT-DR ke-13 kelompok 44 ini semoga dapat membantu dan mendorong siswa-siswi untuk tetap belajar meskipun di tengah pandemi Covid-19.

Penulis: Afandi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline