Lihat ke Halaman Asli

Afanin KarinZelmira

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro

"Kecil-Kecil Cabe Rawit", Evaluasi Penggunaan Media Promosi Kesehatan

Diperbarui: 20 Desember 2022   02:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kota Semarang (19/12/2022) – Media promosi kesehatan merupakan alat yang digunakan untuk membantu komunikan menyampaikan pesan dengan lebih mudah dan efektif. Dalam kegiatan promosi kesehatan tidak akan jauh dengan apa itu media promosi kesehatan. Semakin banyak panca indera yang dapat menerima pesan yang disampaikan, akan semakin efektif sebuah media, karena pesan yang disampaikan akan lebih mudah diterima dan dipahami. Contoh media promosi kesehatan yang dapat digunakan adalah poster dan video edukasi

Mahasiswa MBKM FKM UNDIP 2022 melakukan penelitian “kecil-kecilan” terkait evaluasi penggunaan media promosi kesehatan dalam intervensi pemberian edukasi kepada masayarakat tentang gizi seimbang ibu menyusui. Setelah dilakukannya pre-test dan post-test  ditemukan bahwa penggunaan media promosi kesehatan membantu meningkatkan skor dari sebelum diintervensi dan sesudah diintervensi, penggunaan media promosi kesehatan dapat membantu petugas kesehatan dalam menyampaikan pesan ataupun informasi kesehatan utnuk masayrakat. Maka dari itu penelitian “kecil-kecilan” ini dilakukan untuk membantu para petugas kesehatan maupun promotor kesehatan dalam kedepannya dapat menggunakkan media promosi kesehatan yang tepat dan juga menarik dalam memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline