Di zaman modern seperti sekarang, segala hal semakin terasa lebih mudah saja. Semua bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun. Mencari hiburan, pakaian, berita, dll dapat dilakukan dalam satu saat, pokoknya online semua beres. Tak terkecuali untuk mengetahui kesukaan/kebutuhan konsumen -yang biasanya dilakukan dengan survei, sekarang bisa lebih praktis.
Sekilas dari Wikipedia, Toluna didirikan pada tahun 2000 di Prancis oleh Frédéric-Charles Petit. Yang saat itu -tahun 2000, adalah awal boomingnya internet. Sehingga Toluna memilih bertaruh pada solusi survei online. Toluna mendeklasikan perusahaannya pada tahun 2005 yang sekaligus menjadikan Petit sebagai CEO hingga saat ini. Produk dan jasa yang diberikan pun beragam. Mulai dari KomunitasOnline PanelPortal, Connect PanelPortal, SampleXpress, TOLUNA Analytics, hingga TOLUNA QuickSurveys.
Saya sendiri merupakan anggota Komunitas Toluna Indonesia -sesuai dengan judul, saya ingin sedikit berbagi apa yang saya temukan di sana. Betapa mudahnya kita melakukan 'survei'.
Cara Kerja
Ketika pendaftaran (untuk jadi anggota komunitas), keuntungan pertama yang kita peroleh adalah pendaftaran tidak dipungut biaya apapun, gratis tis tis, jadi agak mirip sosial media gitu.. tapi lebih mengasyikan adalah calon anggota tidak harus orang dewasa, usia 14 tahun sudah bisa daftar. Tujuan utamanya mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya.
Setelah mendaftar kita akan dipandu, biasanya disarankan mengisi Survei Profil -semacam ngisi data diri, tapi butuh sedikit kesabaran karena sangat detail. Tapi jangan salah, satu item survei ini dihargai 100 poin. Disitu adalah awal yang baik untuk mengumpulkan banyak poin sekaligus. Hasil survei ini juga dapat mengklasifikasikan kamu untuk selanjutnya dapat ikut serta dalam survei yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar lain, seperti yang pernah saya isi adalah survei dari Nielsen, atau pun pihak survei online lain, misal GlobalTestMarket.
Poin yang diperoleh dapat ditukar dengan imbalan/hadiah menarik di Pusat Imbalan. (seperti gambar di bawah) Hadiah-hadiah, berisi voucher yang dapat ditukar dengan poin kisaran 10.000-50.000 poin dan pasti dapat. Berbeda dengan Gifties, yang hanya menukar sedikit poin namun belum tentu mendapatkan imbalan tersebut, bisa disebut undian. Sedangkan yang tengah, Undian hanya diperoleh satu pemenang dari setiap anggota komunitas lain yang ikut undian. Pemenang diumumkan satu bulan sekali.
Konten
Konten dapat berupa masalah umum, masalah pribadi, ataupun sesuatu yang belum diketahui dalam bentuk tulisan, foto/gambar, hingga video. Kamu bebas menanyakan tentang apapun! asal tidak mengandung 'keburukan', karena jika kamu membuat konten yang melenceng, secara otomatis kontenmu tidak akan dapat terkirim. Kamu bisa membuat 4 jenis konten (gambar di bawah). Jajak Pendapat (disajikan dalam bentuk pilihan daftar jawaban atau memberikan pilihan dari poin-poin. maksimal 10 poin jawaban), Topik (mirip diskusi, kita memberikan satu permasalahan sekaligus memberi pandangan/pendapat kita secara pribadi terhadap masalah tersebut. Lalu anggota lain boleh memberikan pendapatnya masing-masing), Beri Jempol (yang paling mudah dibayangkan, hanya memberi jempol(like/dislike) dengan gambar/video yang ada), Aduan (ini favorit saya, yaitu membandingkan dua gambar/video).
Seperti yang pernah saya temui, kebanyakan anggota membuat konten dengan hati. Jadi apa yang menjadi 'beban' mereka tuangkan di sini. Sehingga banyak konten yang menyuarakan tentang "rasanya ditikung" lah "membandingkan krisdayanti vs ashanty" lah "hadiah ultah idaman wanita" lah.. funny lah pokoknya.
Keanggotaan Dunia