Lihat ke Halaman Asli

Adzkia SabrinaAjmi

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa PMM UMM 74 Gelombang 6 Melakukan Kegiatan Aksi Peduli Terhadap Kesejahteraan Lansia di Desa Selorejo Karena Minimnya Pengetahuan Terhadap Kesehatan

Diperbarui: 28 September 2022   20:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa PMM UMM 74 Gelombang 6 Tahun 2022 Peduli Kesejahteraan Kesehatan Lansia

Mahasiswa UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) Kelompok-74 gelombang 6 dengan bimbingan DPL (Dosen Pembimbing Lapang) Bapak Ganjar Adhywirawan Sutarjo, M.P. telah melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat atau biasa dikenal dengan PMM  di Desa Selorejo, Dusun Selokerto, Kota Malang yang dimana kegiatan tersebut membidik para lansia mengingat kurangnya perhatian terhadap kesehatan lansia yang dimana seharusnya lansia mendapatkan perhatian khusus karena seiring bertambahnya usia mereka rentan akan penyakit. Lansia di desa selorejo rata rata memiliki pendidikan dan pengetahuan yang rendah sebab itu perlunya pemberian informasi mengenai kesehatan di desa Selorejo.

Karena itu PMM Kelompok-74 gelombang 6 melakukan kegiatan peduli akan kesejahteraan kesehatan lansia di Desa Selorejo yang dimana mencakup pemeriksaan tensi, berat badan, GDS (pemeriksaan tingkat depresi), SPMSQ (pemeriksaan daya ingat), MMSE (pemeriksaan Intelektual) dan memberikan informasi mengenai penyakit Hipertensi serta edukasi tentang meningkatkan kesehatan lansia. Kegiatan tersebut dilakukan di balai dusun yang dimana Mahasiswa PMM-74 ditemani oleh dua tim medis yang berada di Desa Selorejo.

Mahasiswa PMM UMM 74 Gelombang 6 Tahun 2022 Peduli Kesejahteraan Kesehatan Lansia

Mahasiswa PMM UMM 74 Gelombang 6 Tahun 2022 Peduli Kesejahteraan Kesehatan Lansia

Selain memberikan edukasi dan melakukan pemeriksaan, Mahasiswa PMM-74 juga melakukan pemberian vitamin dan masker kepada para lansia. Kegiatan tersebut dilakukan dua kali dalam seminggu selama satu bulan dengan mendatangi setiap rumah lansia. Kegiatan kreativitas juga dilakukan oleh mahasiswa tersebut yaitu membuat kerajinan tasbih yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas spiritual lansia seperti wirid dan dzikir selain itu keikutsertaan mahasiswa PMM Kel-74 dalam kegiatan berkebun dan bekerja bakti bersama lansia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline