Lihat ke Halaman Asli

Adzha Khoirun Nisa

Calon Pegawai Negeri Sipil

Mengenal Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dalam Menghadapi Isu Kontemporer Narkoba

Diperbarui: 31 Juli 2023   21:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Wawasan kebangsaan merupakan suatu konsepsi cara pandang yang didasarkan pada persepsi diri sebagai warga dari suatu negara akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurut Prof. Muladi, wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Dalam berbangsa dan bernegara terdapat 4 konsensus dasar yang perlu kita ketahui, yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Dalam sebuah negara pasti memiliki tugas nasionalnya, begitupun Indonesia. Tugas Nasional Indonesia, yaitu melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Tugas nasional Indonesia mempunyai tujuan, yaitu agar negara Indonesia menjadi negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Bela negara adalah tekad, sikap, perilaku dan tindakan warga negara, baik secara individu maupun kelompok dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keamanan bangsa dan negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa Indonesia dan Negara dari berbagai ancaman. 

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara Pasal 7 dijelaskan bahwa Keikutsertaan Warga Negara dalam usaha Bela Negara salah satunya dilaksanakan melalui pendidikan kewarganegaraan dengan pembinaan kesadaran bela negara dengan menanamkan nilai dasar bela negara, yang meliputi cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan kemampuan awal bela negara.

Isu kontemporer adalah masalah strategis yang sedang berlangsung sekarang dan segala hal yang berkaitan saat ini. Adanya globalisasi dan etnik nasionalisme yang harus disadari sebagai perubahan lingkungan strategis. Termasuk di dalamnya terjadi pergeseran pengertian tentang nasionalisme yang berorientasi kepada pasar atau ekonomi global. Contoh terkait isu kontemporer yaitu korupsi, narkoba, terorisme, radikalisme, money laundering, dan proxy war. 

Narkoba merupakan istilah digunakan dalam dunia obat-obatan atau untuk menyebutkan suatu hal yang bersifat adiktif, yaitu dapat mengakibatkan ketergantungan apabila disalahgunakan atau penggunaannya tidak sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter. Narkoba adalah akronim Narkotika, Psikotropika, dan Bahan Adiktif lainnya. 

Narkotika merupakan zat atau obat yang sangat bermanfaat dan diperlukan untuk pengobatan penyakit tertentu. Namun, jika disalahgunakan atau digunakan tidak sesuai dengan standar pengobatan dapat menimbulkan akibat yang sangat. 

Hal ini akan lebih merugikan jika disertai dengan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang dapat mengakibatkan bahaya yang lebih besar bagi kehidupan dan nilai-nilai budaya bangsa yang bisa mengakibatkanpada akhirnya akan dapat melemahkan ketahanan nasional. 

Secara umum narkotika dan psikotropika diperlukan untuk mendukung pelayanan kesehatan atau pengobatan. Namun narkotika dan psikotropika dapat mengakibatkan ketergantungan jika tidak dibawah pengawasan dokter.

Seiring dengan berkembangnya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi, menyebabkan tatanan kehidupan yang baru dalam berbagai dimensi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline