Lihat ke Halaman Asli

Knowledge

Diperbarui: 17 Juni 2015   16:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pengetahuan adalah informasi yang telah diorganisasikan dalam memori; pengetahuan adalah bagian dari sebuah sistem atau jaringan informasi yang terstruktur; dengan kata lain, pengetahuan adalah informasi yang telah diproses dan memori adalah sistem yang kita gunakan untuk mengakses pengetahuan tersebut.

Konsep adalah ide – ide abstrak yang mempresentasikan kategori – kategori informasi atau unit – unit pengetahuan. Sebagai contoh, “pisang” bukanlah sebuah konsep. Namun, ketika digabungkan dengan apel, jeruk, anggur, pisang menjadi bagian dari konsep “buah”. Lebih lanjut lagi, unit – unit pengetahuan dapat digabungkan sehingga membentuk konsep – konsep yang berbeda.

Inti dari berbagai model representasi pengetahuan adalah berupa ide bahwa konsep – konsep sa;ing terasosiasi sebagaimana dalam model aktivasi menyebar. Selain itu, dengan sedikit imajinasi, kita dapat memahami suatu sistem jaringan neural yang mewujudkan sejumlah karakteristik model tersebut.

Kita tentunya telah mengetahui bahwa orang belajar dari pengalaman. Sebuah hal yang mungkin belum kita ketahui adalah bahwa pengalaman – pengalaman tersebut mengubah sistem saraf dan proses perubahan itu sendiri menjadi suatu dasar neurologis bagi representasi pengetahuan. Sebuah pendekatan terhadap landasan neurologis memori adalah melalui studi biologi molekular dan biologi selular yangmempelajari neuron – neuron individual beserta sinapsis – sinapsisnya.

Sebuah isu tradisional yang penting adalah: apakah pengetahuan dan proses pengaksesan pengetahuan tersebut bersifat terdistribusi (tersebar), ataukah terpusat (terlokalisasi) di korteks?

Memori bersifat berpusat dalam arti sistem – sistem otak yang spesifik mempresentasikan aspek – aspek spesifik dari setiap peristiwa, dan memori terdistribusi dalam arti sejumlah besar sistem neural terlibat dalam proses representrasi keseluruhan peristiwa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline