Lihat ke Halaman Asli

Ady Setiawan

Mahasiswa

Pembelajaran Berdiferensiasi

Diperbarui: 19 September 2024   21:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: pribadi diolah dari berbagai sumber

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan dalam pendidikan yang menyesuaikan metode pengajaran, konten, dan penilaian untuk memenuhi kebutuhan belajar individu siswa. Tujuan utamanya adalah memastikan setiap siswa mendapatkan pengalaman belajar yang sesuai dengan gaya, minat, dan kemampuan mereka. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, guru sering memodifikasi beberapa aspek pembelajaran:

  1. Konten (What): Materi yang diajarkan bisa berbeda-beda, tergantung pada kemampuan dan minat siswa.
  2. Proses (How): Cara siswa belajar bisa disesuaikan dengan preferensi mereka, seperti bekerja dalam kelompok atau secara individu.
  3. Produk (Result): Hasil akhir atau tugas yang diharapkan dari siswa bisa bervariasi, tergantung pada cara siswa menunjukkan pemahaman mereka.
  4. Lingkungan belajar: Penyesuaian terhadap suasana atau lingkungan belajar, seperti pengaturan tempat duduk atau pengelolaan ruang kelas, dapat membantu siswa merasa nyaman dan lebih mudah fokus.

Pembelajaran berdiferensiasi berfokus pada keunikan tiap siswa dan berusaha memaksimalkan potensi masing-masing.

Berikut ini infografis tentang pembelajaran berdiferensiasi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline